SMA di Bone Ujian Pakai Hp Android

31 May 2018 | 12:52 WIB

Bagikan:
SMA di Bone Ujian Pakai Hp Android
INSTINGJURNALIS.com, BONE  - Sistem ujian dengan cara manual kini mulai ditinggalkan dengan berinovasi ke teknologi gadget.

Untuk pertama kali di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, ujian semester dilaksanakan dengan menggunakan Hp android yang digelar SMU Negeri 1 Watampone, Kamis (31/5/2018)

Pelaksanaanya pun terlihat cukup simple, yang mana setiap handphone yang terhubung ke server otomatis akan langsung menampilkan soal yang berisi pilihan ganda bagi para peserta ujian.

"Yah, barusan ada yang begini. Pake hp rasanya memudahkan, soalnya juga semua pilihan ganda," terang salah seorang siswa, Nadia Putri didepan kelas, usai mengikuti ujian.

Meski demikian, kendala jaringan mengurangi porsi peserta ujian bersamaan masuk. Pihak sekolah pun harus membagi waktu siswa persesi.

Sebelumnya, pihak sekolah mengaku telah mensurvey seluruh murid untuk memastikan ketersediaan perangkat, standar dan jenis hp milik siswa yang kemudian dinyatakan memenuhi syarat untuk bisa digunakan dalam ujian.

"Perangkat handphone harus android, kami telah melakukan survey ke tiap siswa-siswi sebelumnya, dan ternyata memungkinkan untuk dilakukan inovasi seperti ini," jelas Kepala Sekolah, Muh Idris.

Selain dinilai efektif dan efisien, karena tidak lagi harus mencetak soal ujian dengan kertas. Ujian berbasis android inipun mampu menguji integritas dan kejujuran tiap siswa karena setiap soal yang dijawab langsung terbaca oleh server yang diawasi tiap guru.

Meski demikian, pihak sekolah pun tidak menampik adanya kendala jaringan yang kerap dihadapi siswa terutama saat proses loading begitu terhubung ke server. Selain itu, jenis hp yang berbeda tentunya turut mempengaruhi kemampuan dan kecepatan gadget dalam menangkap serta mengolah data dan jaringan.

"Pa pasti ada kendala lah, apalagi ini baru pertama kali dilaksanakan. Tapi kami berhasil mengatasi hal tersebut," pungkasnya. (sul)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI