Andi Seto: Pemimpin Harus Berintegritas dan Komitment

6/17/2018 | 13:08 WIB

Bagikan:
Andi Seto: Pemimpin Harus Berintegritas dan Komitment
SINJAI - Integritas, kredibilitas dan komitmen. Ketiga karakter manusia ini adalah yang paling sering dicari, dibahas, atau dijadikan pelecut materi kampanye, baik untuk mendukung atau bahkan sebaliknya.

Tokoh pemuda kabupaten Sinjai yang juga kontestan di Pilkada Sinjai 2018, Andi Seto Gadistha Asapa mengurai, ketiga konsep itu di kampanyekan kadang kala lebih gencar dari pada kampanye program atau visi misi calon pemimpin atau kepala daerah. Lalu, apa itu integritas, kredibilitas dan komitmen?

Putra mantan Bupati Sinjai dua periode Andi Rudiyanto Asapa itu mengatakan, Integritas merupakan salah satu atribut terpenting/kunci yang harus dimiliki seorang pemimpin. Integritas menurutnya adalah suatu konsep berkaitan dengan konsistensi dalam tindakan-tindakan, mengandung nilai metode, terukur, prinsip, ekspektasi berbagai hal yang dihasilkan.

Pemimpin perusahaan dan pengusaha muda ini menjelaskan bahwa, orang berintegritas memiliki pribadi yang jujur dan memiliki karakter dan mental yang kuat.

Integritas itu sendiri berasal dari sikap yang teguh mempertahankan prinsip, tidak mau korupsi, dan menjadi dasar yang melekat pada diri sendiri sebagai nilai-nilai moral.

Mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan dan kejujuran.

Orang-orang yang memiliki integritas mengatakan kebenaran, dan orang-orang itu memegang kata-kata mereka. Mereka bertanggung-jawab atas tindakan-tindakan mereka di masa lalu, mengakui kesalahan mereka dan mengoreksinya. Mereka mengetahui hukum yang berlaku dalam wilayah mereka,

Integritas berurusan dengan keutuhan dan nurani seorang pribadi sosok pemimpin kualitas karena benar terhadap diri sendiri.

Integritas dibutuhkan oleh siapa saja, tidak hanya pemimpin, namun juga yang di pimpin. Orang-orang menginginkan jaminan bahwa pemimpin mereka dapat dipercaya jika mereka harus menjadi pengikut-pengikutnya.

Dalam kutipan Andi Seto, sederhananya bisa disimpulkan melalui tulisannya yakni bahwa, sang pemimpin itu harus memperhatikan kepentingan masyarakat atau publik secara umum bukan kepentingan kelompok atau keluarga

setiap individu dan sang pemimpin harus menaruh kepercayaan bahwa, orang yang hidup dengan integritas tidak akan mau dan mampu untuk mematahkan kepercayaan dari mereka yang menaruh kepercayaan kepada dirinya. Mereka senantiasa memilih yang benar dan berpihak kepada kebenaran. Ini adalah tanda dari integritas seseorang.

Terakhir, politisi muda ini berpesan kepada masyarakat di Kabupaten Sinjai agar tidak mudah mengkomsumsi janji-janji yang sudah diketahuinya tidak mampu direalisasikan. Karena menurutnya pemimpin sejati itu selalu menepati apapun yang diucapkannya. (*)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI