Melalui Permainan Kartu, Bocah di Bone Peringati Hari Pancasila

02 June 2018 | 14:54 WIB

Bagikan:
Melalui Permainan Kartu, Bocah di Bone Peringati Hari Pancasila
INSTINGJURNALIS.com, BONE - Refleksi 1 Juni 1945, 73 tahun lalu yang dimaknai sebagai Hari Lahir Pancasila merupakan bagian sejarah bangsa yang tidak bisa dilupakan. Berbagai macam cara pun dilakukan dalam memperingati Hari Pancasila ini.

Seperti di Ponceng, Bone, Sulawesi Selatan, peringatan sederhana juga dilakukan oleh komunitas 'Anak Ponceng Pintar', Jumat (1/6/2018).

Melalui permainan SPAK (Saya Perempuan Anti Korupsi), belasan bocah serta ibu aktivis Anti Korupsi mengelilingi sebuah kertas spanduk besar bergambar dengan bertuliskan nilai-nilai moral positif.

Untuk proses permainannya, terdapat sebuah kartu yang ada ditengah yang harus dicabut, yang mana isi dari kertas tersebut berisi pertanyaan yang salah-satu jawabannya ada pada gambar nilai moral tadi.

"setiap Senin disekolah Budi diadakan upacara. Karena malas, Budi loncat pagar sekolah dan tidak ikut upacara. Apa yang dilakukan Budi tidak sesuai dengan nilai...?," teriak Anti membaca kartu yang dicabut dihadapan teman sepermainan.

Permainan ini ikut menciptakan nalar berpikir bagi bocah dibawah umur. Tak sedikit menjawab dengan berbeda. 2 jawaban terbanyak ada pada gambar kata kedisiplinan dan tanggungjawab.

"ini dalam rangka hari lahir Pancasila 1 Juni, kami bersama anak-anak ini lakukan dengan bermain SPAK. Dari permainan ini kami juga berusaha memaknai Pancasila ini dengan nilai kejujuran, keberanian, kedisiplinan, tanggungjawab, kebersamaan dan nilai luhur lainnya," terang Welle Pallawa Rukka selaku pengasuh komunitas Ponceng pintar ini.

Welle pun berharap, dengan Peringatan Hari Jadi Pancasila saat ini. Setiap tokoh Nasional yang ada di Negara kita bisa menjadi teladan yang baik dalam mengaplikasikan nilai-nilai luhur Pancasila, bebas dari korupsi dan bertanggung jawab untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. (sul)

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI