TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Buka Pelatihan Tata Kelola Destinasi, Sekda Sinjai Ingatkan Tata Krama dan Sopan Santun

Buka Pelatihan Tata Kelola Destinasi, Sekda Sinjai Ingatkan Tata Krama dan Sopan Santun
Sekda Sinjai, Akbar Mukmin

INSTINGJURNALIS.com - Pelatihan manajemen Homestay dan pelatihan tata kelola destinasi yang berlangsung di Gedung Pertemuan secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai, Akbar Mukmin, Jumat (21/6/2019).

Dalam sambutannya, Akbar menyatakan, dalam hal menumbuh kembangkan wisata bahasa yang paling utama adalah tata krama dan sopan santun serta destinasi-destinasi bisa kita lakukan selama tidak bertentangan dengan kondisi baik secara demokratif, geografis yang khususnya berkaitan dengan keagamaan.

"Ketika kita berbicara kepariwisataan memang harus berdominasi Bahasa Inggris karena yang kita harapkan adalah bagaimana wisatawan khususnya mancanegara nantinya kita bisa berkomunikasi dengan baik," ujarnya.

Kata Akbar, mengembangkan wisata bukan merupakan harapan utama pemerintah daerah atau pemerintah provinsi/pusat melainkan cara dan upaya masyarakat setempat dalam menumbuh kembangkan tempat wisata di desanya dan tentunya juga harus memeliki sifat yang ramah dan sopan santun serta bertutur kata yang baik Agar apabila ada pengunjung dari dalam atau luar kabupaten bahkan dari mancanegara bisa betah atau bahkan bermalam di tempat wisata tersebut.

"Selain tempat wisata, kita juga bisa memperkenalkan makanan dan minuman khas kepada para pengunjung," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sinjai, Yuhadi Samad menyebutkan, sebenarnya ada empat kegaiatan yang akan dilakukan, akan tetapi pada hari ini hanya pelatihan di bidang manajemen homestay dan tata kelola destinasi.

Sementara untuk pelatihan pemandu wisata pedesaan dan perkotaan dan pelatihan pemandu wisata selam rencananya akan dilakukan pada bulan Juli mendatang.

"Dengan diadakannya kegiatan ini saya berharap dari  berbagai desa atau kelurahan yang hadir dan memiliki objek wisata mudah-mudahan dengan megikuti pelatihan ini dapat menambah wawasan dalam mengembangkan objek wisata di desanya masing-masing dan dapat bergandeng tangan dengan pemerintah mewujudkan visi dan misi pemerintah daerah Kabupaten Sinjai," kata Yuhadi Samad.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas Perhubungan A.Irwansyahrani Yusuf serta kepala Desa/Lurah se-Kabupaten Sinjai. (*)

Editor : Ardy

Type above and press Enter to search.