TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Wabup Buka Pelatihan Program Pamsimas III

Wabup Buka Pelatihan Program Pamsimas III


INSTINGJURNALIS.com - Wakil Bupati Sinjai Hj. Andi Kartini Ottong membukan Pelatihan penguatan kapasitas Pemerintah Desa dan Kecamatan melaui program Pamsimas III tahun anggaran 2019, di Wisma Sanjaya, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Senin (24/6/2019).

Pelatihan yang diikuti Kepala Desa, Kelurahan dan Kecamatan itu dilaksanakan untuk meningkatkan komitmen aparat Kecamatan dan aparat desa untuk melaksanakan perannya dalam mendukung program Pamsimas

Selain itu untuk meningkatkan keterampilan peserta dalam mengintegrasikan PJM proAksi dalam RPJM desa dan mengintegrasikan RKM ke dalam RKP desa.

Dalam sambutannya, Wabup Sinjai Andi Kartini mengatakan, sesuai dengan amanat RPJPN 2005-2025 dan RPJM 2015-2019, pemerintah melalui program pembangunan nasional 'Akses Air Minum dan Sanitasi Tahun 2019' menetapkan bahwa pada tahun 2019, Indonesia dapat menyediakan layanan air minum dan sanitasi yang layak bagi 100% rakyat Indonesia.

Untuk kebutuhan air minum, secara nasional sampai dengan tahun 2015 Indonesia baru mampu menyediakan akses yang layak bagi 68% dari total penduduk Indonesia, sedangkan untuk kebutuhan  sanitasi dasar, Indonesia baru mampu menyediakan akses sanitasi layak bagi 60% dari total penduduk Indonesia.

"Program pamsimas adalah salah satu program andalan pemerintah dalam penyediaan air bersih dan sanitasi bagi masyarakat pedesaan melalui pendekatan berbasis masyarakat. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan jumlah warga kurang terlayani termasuk masyarakat berpenghasilan rendah di wilayah perdesaan yang dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi," ujarnya.

Selain itu untuk meningkatkan penerapan nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat dalam rangka pencapaian target akses air minum dan sanitasi pada tahun 2019 di sektor air minum dan sanitasi, melalui pengarusutamaan dan perluasan pendekatan pembangunan berbasis masyarakat.

Dalam implementasi program pamsimas III, kata Kartini, Ditjen Bina Pemerintah Desa, Kementrian Dalam Negeri diantaranya mengendalikan upaya pencapaian target komponen 1- Pemerintah Desa dan membina aparatur Pemerintah Desa dan unsur Kecamatan dalam proses penyusunan RPJMDesa/RKPDesa dalam rangka pencapaian universal access 2019.

"Program pamsimas 2016-2019 rencananya dilaksanakan untuk menunjang pengembangan permukiman yang berkelanjutan di 15.000 desa serta mengelola keberlanjutan pelayanan air minum dan sanitasi di hampir 27.000 desa peserta pamsimas.

Turut hadir dalam acara ini Asisten II, Hj.Nikmat B.Situru, ketua District Project Management Unit (DPMU) Kabupaten Sinjai, kepala satker PIP Kabupaten Sinjai, PPK program pamsimas III Kabupaten Sinjai, para kepala desa, para camat, serta seluruh peserta. (*)

Editor : Ardy

Type above and press Enter to search.