TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Dinkes Sinjai Gandeng BPBD Sebagai Narasumber di Pelatihan 'Life Saving'

Dinkes Sinjai Gandeng BPBD Sebagai Narasumber di Pelatihan 'Life Saving'

INSTINGJURNALIS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sinjai hadir sebagai narasumber pada kegiatan Life Saving yang digelar oleh Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Pulau Sembilan, Selasa (23/7/2019).

Kegiatan yang berlangsung sehari ini diikuti para tenaga kesehatan lingkup puskesmas pulau sembilan sebaga bekal upaya melatih diri, kesiapan person ketika menghadapi situasi kritis khususnya terkait dengan Water Rescue.

Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Sinjai, Syamsul Ahmad, menuturkan ada dua konsep materi yang diberikan pada kegiatan tersebut yakni, penerimaan materi tentang kesiapsiagaan dengan ceramah dan diskusi aktif.

Kemudian mitigasi bencana di Kantor Puskesmas, serta teori tentang cara yang dilakukan oleh para peserta ketika menghadapi cuaca ekstrem, sehingga tidak panik dan cara penggunaan jaket pelampung yang benar, yang selanjutnya diadakan pula Simulasi dipulau larea-rea.

"Walau pada dasarnya mereka tidak tahu berenang, namun dengan penggunaan sarana dan prasarana salah satunya adalah jaket pelampung tentu menjadi savety bagi para peserta sehingga dengan turun langsung dalam menyelamatkan atau penyelamatan kepada orang lain yang berada di dalam air tidak mudah merasa panik atau terlalu takut ketika berhadapan dengan suatu bencana," kata Syamsul.

Sementara itu Plt. Kepala Puskesmas Agussalim, mengatakan, kegiatan ini merupakan langkah preventif terhadap petugas puskesmas supaya mereka bisa menguasai dirinya ketika berada di laut.

"Apalagi melihat juga wilayah kerja petugas kami yang 70 persen selalunya menempuh perjalanan laut sehingga diharapkan kesiagaan dan kesiapan oleh nakes kami ketika menghadapi suatu bencana dibekali ilmu pengetahuan Life Saving,” katanya.

Agussalim juga menyampaikan terima kasih kepada Dinas Kesehatan yang telah mendukung dan mensupport kegiatan ini serta Tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab. Sinjai yang telah menjadi narasumber

"Walau hanya dilaksanakan selama sehari, tapi setidaknya ini sangat berarti bagi para peserta," ujarnya. (*)

Editor : Ardy

Type above and press Enter to search.