Kadinkes Sinjai Beberkan Cakupan Program Eliminasi Lampaui Target

7/08/2019 | 13:37 WIB

Bagikan:
Kadinkes Sinjai Beberkan Cakupan Program Eliminasi Lampaui Target

INSTINGJURNALIS.com - Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr. Andi Suryanto Asapa membeberkan cakupan program Tripel Eliminasi HIV, Sefilis dan Hepatitis B Dinas Kesehatan (Dinkes) Sinjai tahun ini melampaui target. Cakupan itu sejak tahun 2018 lalu.

Keberhasilan cakupan program ini juga membawa Kadis Kesehatan Sinjai, dr. Dedeth sapaan akrab dr. Andi Suryanto Asapa dipanggil ke pusat untuk mempresentasikan cakupan program Triple Elimasi tersebut.

"Kita bahkan satu-satunya Kabupaten yang Best Praktis, yang dipanggil mengapa sampai bisa tercapai sementara program ini baru," kata dr. Dedeth pada Workhsop Triple Eliminasi HIV, Sefilis dan Hepatitis B pada Ibu Hamil di Aula Pertemuan Hotel Srikandi, Senin (8/7/2019)

Hasil cakupan ini juga memberi dampak positif, sebab kasus HIV di Sinjai kata dia menurun. Dari tahun 2018 diungkapkan sebanyak 28 kasus, sementara tahun ini hanya 15 temuan kasus.

Sedangkan untuk kasus Sifilis, kata dia cakupan atau temuan kasus meningkat 92 persen atau sebanyak 2 kasus. Termasuk, kasus Hepatitis B yang juga ditemukan pada bayi akibat tertular pada ibunya.

"Kasus Sifilis sebelumnya memang tidak ada tapi tahun ini kembali ditemukan termasuk kasus Hepatitis B yang kembali ditemukan," sambungnya.

Ia berharap partisipasi aktif masyarakat dalam program triple eminasi ini sangat diharapkan, apalagi masih banyaknya masyarakat yang tidak menggunakan fasilitas kesehatan untuk melahirkan.

"Jadi sasaran kita adalah bagaimana memutus rantai penularan, dengan cara pendampingan agar meelahirkan di Puskesmas atau RSUD sehingga kalau ada apa-apa bisa langsung ditangani," kuncinya. (*)

Editor : Ardy
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI