Ciptakan Tata Kelola yang Baik, Pemda Bone Resmi Relokasi Pasar Malam

16 August 2019 | 02:40 WIB

Bagikan:
Para pedagang terlihat mendirikan lapak di eks Pasar Sentral, Kamis (15/08/2019) sore.

INSTINGJURNALIS.Com--Pemerintah Kabupaten Bone akhirnya merelokasi Pasar Malam yang sebelumnya berada di Jalan Masjid dipindahkan ke eks Kompleks Pasar Lama, Jalan Beringin Watampone. Lokasi yang baru tidak berjauhan hanya berjarak sekitar 100 meter dari lokasi sebelumnya.

Relokasi pasar malam tersebut berdasarkan hasil musyawarah pemda Bone bersama pedagang.

Staf Ahli Bupati Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan Kabupaten Bone, H.A Sumardi mengatakan, pemindahan lokasi pasar malam bertujuan untuk mencegah kecelakaan yang sering terjadi di lokasi itu, juga perencanaan menata jantung Kota Watampone.

”Saya sering memantau langsung pasar malam dan memang rawan karena, para pedagang menggunakan bahu jalan untuk berjualan, dan sangat mengganggu kelancaran lalu lintas," kata Sumardi, kepada media, Kamis (15/08/2019).

Menurut Sumardi, lokasi saat ini memang cukup strategis dibanding lokasi sebelumnya.

"Saat ini lokasinya lebih mendukung, disamping memperbaiki penataan kota juga menghindari kecelakaan, seperti kejadian sebelumnya," lanjutnya.

Senada disampaikan, A.Gunadil Ukra, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, ia mengatakan lokasi yang baru berada diseputar Jalan Beringin, Jalan Makmur, dan Jalan Veteran, dan sangat aman karena berada dalam kompleks bagian dalam eks Pasar Lama yang juga dikelilingi pertokoan.

“Hal ini sudah lama kami akan lakukan, kali ini bekerjasama dengan semua instansi, baik dari pemerintahan itu sendiri juga dari pihak kepolisian, sepakat untuk merelokasi pasar lama, karena lokasi tersebut sangat strategis untuk berjualan,” kata Gunadil.

Selain itu, menurut Gunadil pemindahan ini mendapat respon yang cukup baik dari para pedagang, sebab kedepannya relokasi ini bukan hanya akan dijadikan sebagai transaksi perdagangan, lebih dari itu juga akan difokuskan sebagai pusat kuliner.

"Tentunya yang mendukung lebih banyak dari pada menolak, tentunya kami dari pemerintah akan menjadikan bone sebagai Mandiri, Berdaya Saing dan Sejahtera (Mabessa), serta tata Kota Bone akan lebih baik," kata Gunadil

Diketahui, kehadiran pasar malam di kawasan jantung Kota Watampone merupakan sumber ekonomi masyarakat menengah ke bawah, pasar malam yang terletak di Jalan Masjid sudah dikenal sebagai akses ekonomi setiap harinya.

(Muhammad Ram)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI