Gandeng BKMM Dinkes Sinjai Gelar Operasi Katarak Gratis, Masyarakat : Terima Kasih

21 August 2019 | 13:20 WIB

Bagikan:
Gandeng BKMM Dinkes Sinjai Gelar Operasi Katarak Gratis, Masyarakat : Terima Kasih

INSTINGJURNALIS.com - Puluhan masyarakat mendatangi UPTD Puskesmas Samaenre, Kecamatan Sinjai Selatan, Rabu (21/8/2019).

Kedatangan mereka untuk melakukan pemeriksaan dan operasi katarak gratis yang digelar Balai Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM) Makassar bekerjasama Dinas Kesehatan (Dinkes) Sinjai di wilayah itu.

Dokter Ahli Mata BKMM Makassar, dr Soraya Arifin, mengatakan, pemeriksaan dan operasi gratis katarak ini, salah satu program dari BKMM Makassar, menjangkau masyarakat di daerah-daerah.

“Kegiatan ini bagian dari bakti sosial yang kami namakan Safari Katarak dan menjadi program unggulan kami. Jadi kita khusus datang ke daerah, menjangkau masyarakat yang mungkin tidak bisa ke BKKM Makassar,” jelasnya.

Khusus di Kabupaten Sinjai , kata dia, pemeriksaan dan operasi katarak secara gratis berlangsung selama tiga hari dengan target  yang tidak terbatas khusus warga kabupaten Sinjai. 

Sementara itu  Kepala Dinas Kesehatan dr Andi Suryanto asapa   mengatakan, operasi katarak gratis yang diperuntukkan bagi masyarakat Sinjai , pihaknya menyiapkan fasilitas pendukung, seperti ruang operasi, rawat inap, dokter ahli, dan peralatan medis.

Bagi calon pasien yang akan mengikuti kegiatan tersebut dikhususkan memperlihatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan kartu BPJS.Selain itu, tambahnya, akan dilakukan pemeriksaan terhadap calon pasien guna memastikan apakah peserta merupakan pasien katarak matur atau tidak.

Sementara itu, salah seorang warga Desa Polewali Sinjai Selatan, Tajuddin (50) merasa terbantu dengan adanya pemeriksaan dan operasi katarak tersebut.

"Saya, selama dua tahun merasakan sakit pada bagian mata, namun setelah diperiksa sudah tidak terlalu sakitmi. Alhamdulillah saya sangat berterima kasih karena Dinas Kesehatan melakukan kegiatan ini,"ujarnya.

Dihari pertama pemeriksaan ini, sedikitnya 76 orang mendaftar, namun yang datang pemeriksaan dan melakukan skrining 47 orang.

Editor : Ardy
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI