TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Jelang Idul Adha, Pemkab Sinjai Jamin Stok Hewan Kurban

Jelang Idul Adha, Pemkab Sinjai Jamin Stok Hewan Kurban

INSTINGJURNALIS.com - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sinjai, memastikan persediaan atau stok hewan ternak jelang Hari Raya Idul Adha tahun ini dipastikan aman.

"Secara keseluruhan Sinjai aman. Sejauh ini Sinjai belum membutuhkan suplay ternak dari luar, " ujar Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet Disnak Keswan Sinjai,  Drh.  Andi Mappamancu,  Jumat, (9/8/2019).

Menurutnya ketersediaan yang mencukupi bahkan didukung jumlah populasi hewan ternak di Kabupaten Sinjai yang lebih banyak dari kebutuhan.

Data Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sinjai tercatat populasi sapi potong di Sinjai saat ini mencapai 12.349 ekor, kambing 13.067 ekor.

"Jumlah tersebut dipastikan lebih dari cukup. Alhamdulillah produksi ternak sapi di Sinjai surplus.  Malah Kabupaten Sinjai termasuk salah satu daerah penyangga kebutuhan hewan kurban ke beberapa daerah di Sulawesi Selatan bahkan sampai ke pulau Kalimantan, " katanya.

Kebutuhan hewan kurban di wilayah Sinjai saat momentum hari raya Idul Adha biasanya mencapai lebih seribu ekor, 900 ekor sapi dan 330 ekor kambing.

"Bisa jadi tahun ini ada peningkatan. Data pastinya kami belum tahu yang jelas tahun lalu demikian jumlahnya itu sudah masuk sapi dan kambing,"  jelas Mappamancu.

Satu hal yang di tekankan, Mappamancu untuk lebih menjamin kuantitas dan ketersediaannya, pihaknya juga memastikan semua hewan ternak untuk kurban dalam kondisi sehat dan layak konsumsi.

Bahkan lanjutnya Disnak Keswan Sinjai telah membentuk tim untuk memantau kesehatan hewan kurban. Tim tersebut mendatangi para peternak di beberapa kecamatan guna pemeriksaan dan itu sifatnya gratis. 

"Di saat kunjungan kita juga memberikan surat kelengkapan administrasi berupa kartu ternak, tujuannya agar hewan kurban tersebut layak untuk di potong secara administrasi," terang Dr.  A Mappamancu. (*)

Editor : Ardy

Type above and press Enter to search.