Respon Warga Atas Pelayanan Home Care Pemkab Sinjai

9/29/2019 | 21:05 WIB

Bagikan:
Home Care Baringeng wilayah kerja Puskesmas Panaikang, Kecamatan Sinjai Timur saat memberikan pelayanan kesehatan kepada warga. Foto: Doc Dinkes Sinjai

INSTINGJURNALIS.com - Meski usia kepemimpinan Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa dan Wakil Bupati Sinjai Andi Kartini Ottong baru seumur jagung.

Namun duet pasangan ini telah melakukan beberapa langkah awal untuk membuka jalan demi terwujudnya visi misi Kabupaten Sinjai lima tahun kedepan.

Bahkan berkat tangan dinginnya, program yang dicanangkan perlahan menjawab keresahan publik. Misalnya, program Home Care dan Home Visit di Bidang Kesehatan.

Program layanan door to door ini bahkan diakui warga merasa sangat terbantu, khususnya bagi warga yang telah mendapatkan pelayanan tersebut.

Fatmawati, warga Jalan Panaikang Raya Dusun Bangko Desa Panaikang Kecamatan Sinjai Timur yang telah merasakan program itu. Lantaran ibunya bernama Hj. Bunga sudah tua dan sakit-sakitan dan tidak mampu lagi berjalan sehingga harus mendapat perawatan dari dokter di rumah secara rutin (home care).

"Kami sangat berterima kasih dengan adanya program dari Pak Bupati dan Ibu Wakil Bupati, karena saya tidak perlu lagi membawa ibu saya ke Puskesmas tapi saya hanya menelfon petugasnya disana, tidak lama berselang mereka sudah datang kesini memeriksanya," katanya saat ditemui awak media, Minggu (29/9/2019).

Bukan hanya itu, Fatmawarti membeberkan bahwa ternyata yang datang bukan hanya seorang diri namun mereka berjumlah lima orang. Mereka diantaranya adalah dokter

"Saya kira hanya perawat yang datang ternyata ada dokternya ikut. Ini yang membuat kami puas karena dokternya langsung yang melakukan pemeriksaan sehingga kami tidak khawatir lagi jika dirawat di rumah, apalagi tidak ada biaya sama sekali yang kami keluarkan, semoga program ini terus dilanjutkan," pintah dia menyampaikan apresiasi.

Lebih lanjut dikatakan Fatmawati, petugas yang datang bukan hanya memberikan pelayanan. Namun, petugas juga datang memberikan penyuluhan dan edukasi (home visit) bagaimana menjaga pola hidup bersih sehingga terbebas dari penyakit.

[CUT]

Hal yang sama pernah dirasakan oleh Bua (61) warga Dusun Buakang Desa Panaikang. Dia mengaku mengalami luka akibat sabetan parang, kendarti berkat bantuan tenaga medis yang datang kerumahnya lukanya ini telah sembuh.

"Makkesssing kaleni sedding tauwe,  dena nafarellu tauwee lao ri Puskesmas afa nalaoi tauwe nahurai (Sekarang ini pelayanan kesehatan sudah bagus karena pasien tidak perlu lagi ke Puskesmas tapi dia yang datang mengobatinya)," kata Puang Bua dengan bahasa bugis.

Sementara itu Sunarti, Putri dari Puang Bua mengatakan bahwa beberapa bulan sebelumnya petugas kesehatan mengunjungi rumahnya untuk melakukan pendataan dan edukasi (home visit).

"Ketika mereka datang dahulu petugas menempelkan stiker di depan pintu dan menuliskan nomor ponselnya agar bisa ditelfon ketika ada warga yang sakit, dari situlah kami tahu bahwa petugas siap datang untuk mengobati di rumah," bebernya.

Selama perawatan,  kata Sunarti, petugas kesehatan dari Puskesmas Panaikang dalam seminggu dua kali datang kerumahnya untuk mengganti perban pada luka yang dialami ibunya. (*)

Editor : Ardy
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI