TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Usul Ranperda Pengelolaan Zakat, Baznas Sinjai Apresiasi Pemerintahan Andi Seto-Andi Kartini

Usul Ranperda Pengelolaan Zakat, Baznas Sinjai Apresiasi Pemerintahan Andi Seto-Andi Kartini


INSTINGJURNALIS.com - Ketua Baznas Kabupaten Sinjai, Ahmad Muzakkir, memberi respon positif kepada pemerintah Kabupaten Sinjai, terutama kepada Bupati Andi Seto Gadhista Asapa dan Wakil Bupati Sinjai Hj. Andi Kartini Ottong yang telah memberikan perhatian terhadap lembaga Baznas.

Pasalnya, Andi Seto dan Andi Kartini sukses membentuk kembali kepengurusan lembaga Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) baru setelah lembaga non struktural ini seakan 'mati suri' selama beberapa tahun.

"Sangat luar biasa sekali Bupati dan Wabup Sinjai betul-betul peduli dengan keagamaan khusus pada pengelolaan zakat, buktinya Baznas sudah bediri kurang lebih 3 bulan di Sinjai," katanya saat ditemui di Kantor Baznas Jalan Persatuan Raya Sinjai, Jumat (27/9/2019).

Terlebih dengan kehadiran lembaga pengelolaan zakat secara nasional yang baru berdiri sekitar 3 bulan lalu, ini Pemkab Sinjai telah mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang tentang Pengelolaan Zakat untuk dibahas bersama DPRD Sinjai.

Menurutnya, ini bukti dukungan dan komitmen Pemerintah Kabupaten Sinjai terhadap zakat. Apalagi, Perda yang mengatur tentang pengelolaan zakat di daerah hanya ada dua di Sulsel.

"Sangat menggembirakan bagi kami di Baznas, karena dengan Ranperda ini kami akan lebih percaya diri lagi. Ada landasan sebab Legal Standing sudah resmi dalam pengelolaan zakat", tambahnya.

Sebagai mitra pemerintah Kabupaten Sinjai, program utama Baznas ungkapnya, adalah membantu pemerintah dalam pengentasan kemiskinan.

Sejak terbentuknya, saat ini pendistribusian zakat kepada masyarakat kurang mampu telah merambah ke 4 Kecamatan, diantaranya Kecamatan Sinjai Utara, Sinjai Timur, Sinjai Selatan, dan Tellulimpoe.

Bantuan itu dinamai dengan sebutan Baznas Cerdas, yaitu pemberian santunan, Sinjai Cerdas yang bergerak dalam pemberian beasiswa kepada yang kurang mampu, Sinjai Peduli berupa bantuan sosial, Sinjai Religi berupa bantuan Ponpes dan Panti Asuhan, serta Bedah Rumah.

Editor : Ardy

Type above and press Enter to search.