Dampak Bagi Kesehatan Rambut Jika Sering Pinjam Helm

10/27/2019 | 13:52 WIB

Bagikan:
Dampak Bagi Kesehatan Rambut Jika Sering Pinjam Helm
Ilustrasi

BAGI yang mengandalkan motor sebagai moda transportasi sehari-hari, baik mengendarai motor atau memanfaatkan layanan ojek, helm adalah benda pribadi yang sebaiknya tak ketinggalan.

Jika sampai sering pinjam atau memakai helm sudah sering berpindah kepala, ada risiko bagi kesehatan rambut.

Disadari atau tidak, helm adalah salah satu benda tempat kuman bersarang dan berkembang biak, termasuk dihinggapi kutu! Jika Anda menggunakan helm yang sudah berpindah-pindah kepala, kesehatan rambut Anda menjadi taruhannya.

Dijelaskan oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, berikut ini adalah bahaya penggunaan helm secara bergantian pada kesehatan rambut Anda:

1. Kutuan

Kutu yang hidup di rambut orang lain bisa dengan mudahnya berpindah ke kulit kepala Anda akibat penggunaan helm secara bergantian. Kepala yang kutuan dapat mencetuskan keluhan gatal-gatal yang sangat mengganggu, bahkan bisa bikin penderitanya sulit tidur.

[CUT]

2. Infeksi bakteri stafilokokus

Bakteri stafilokokus merupakan satu dari banyak jenis kuman yang bisa ditemukan pada kulit. Bakteri jenis ini bisa menyebabkan penyakit jika berkembang biak terlalu banyak.

“Meski kemungkinannya kecil, tapi jika Anda terkena infeksi bakteri stafilokokus, maka gejala yang ditimbulkan adalah ruam, gatal, dan perih pada area kulit kepala,” ujar dr. Sepriani.

3. Infeksi jamur 

Infeksi jamur juga bisa menjadi permasalahan kulit kepala bisa dialami akibat sering pinjam helm atau helm yang sudah dipakai banyak orang. Kondisi ini umumnya terjadi akibat helm terlalu kotor karena jarang dibersihkan, atau lembap entah karena kehujanan atau pemakai sebelumnya rambutnya basah karena keringat.

Infeksi jamur di kulit kepala bisa menimbulkan gejala gatal-gatal, munculnya benjolan kecil berisi nanah, dan kebotakan di area tertentu.

4. Bau tidak sedap

Semakin banyak bakteri atau jamur yang terakumulasi di bagian dalam helm, semakin besar pula kemungkinan kulit kepala dan rambut Anda jadi berbau tak sedap. Aroma rambut yang tidak sedap biasanya bikin orang lain tak mau dekat-dekat.

Klik Dokter
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI