Kajari Bone Eri Satriana, Raih Doktor Hukum Dengan Predikat Cum Laude

10/11/2019 | 01:24 WIB

Bagikan:
Dr Eri Satriana, Kejari Baru Bone
INSTINGJURNALIS.Com--Mantan Kepala Bagian Sunproglapnil Kejaksaan Agung Republik Indonesia,  Dr Eri Satriana SH MH, resmi menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Bone, menggantikan Hj Nurni Farahyanti yang menjabat sebagai Kejari Makassar.

Dr Eri Satriana meraih gelar Doktor (Dr) bidang Ilmu Hukum di Universitas Padjadjaran (Unpad) dengan predikat Cum Laude. Suami dari  Dra Mida Hamidah dan ayah dari dua orang anak itu sebelumnya meraih gelar sarjananya di salah satu universitas swasta di Kota Bandung.

Ia menyelesaikan program doktornya dengan judul disertasi “Pemulihan Aset Dari Kerugian Keuangan Negara Hasil Tindak Pidana Korupsi Dalam Pengembangan Sistem Hukum Pidana Nasional”.

Dr Eri Satriana memperlihatkan bahwa korupsi adalah tindak kejahatan luar biasa. Dia pun turut menjelaskan pandangannya terhadap peraturan Perundang-Undangan 31/1999 Jo Undang-Undang 20/2001 yang dia rasakan masih memiliki kelemahan sehingga mencerminkan tidak terwujudnya kepastian hukum.

Mantan jaksa Kejari Jakarta Pusat dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Ternate serta Cimahi, dirinya memiliki teori untuk membuat pelaku korupsi menjadi jera dan tobat. Pemikiran ini diambil dari  United Nations Convention Against Corruptions (UNCAC 2003). Dia menilai dengan mengadopsi UNCAC kedalam Perundang-Undangan dapat mewujudkan kepastian hukum dalam masalah pemulihan aset hasil tindak pidana korupsi.

Disertasi Dr  Eri Satriana  diuji oleh 9 orang yang terdiri dari 3 Guru Besar, 3 Pembimbing, 3 Openen.

(Muhammad Ram)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI