2 Bulan TPKJM Sinjai Temukan 20 Kasus, Ini Kata Kadinkes Sinjai

11/07/2019 | 13:20 WIB

Bagikan:
2 Bulan TPKJM Sinjai Temukan 20 Kasus, Ini Kata Kadinkes Sinjai

INSTINGJURNALIS.com - Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) Kabupaten Sinjai menggelar pertemuan koordinasi yang berlangsung di Aula Hotel Rofina, Kamis (7/11/2019).

Kegiatan yang dibuka Wakil Bupati Sinjai Hj. Andi Kartini Ottong mewakili Bupati Andi Seto Gadhista Asapa ini menghadirkan 90 orang peserta lintas sektor.

Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr. Andi Suryanto Asapa menuturkan pertemuan ini digelar untuk meningkatkan peran lintas sektor dalam pelaksanaan upaya pencegahan dan pengendalian kesehatan jiwa masyarakat secara terpadu dan berkesinambungan.

Suryanto mengatakan, sejak terbentuknya tim kesehatan jiwa 2 bulan lalu, menemukan sedikitnya 20 kasus. 20 penderita gangguan jiwa kini telah ditangani TPKJM Sinjai.

"Jadi drastis sekali penemuan kasus, cuman persoalan yang muncul adalah kasus-kasus yang tidak memiliki identitas dan tidak mempunyai keluarga," ungkapnya.

Selain itu, beberapa kasus yang ditemukan lanjut dr. Dedet sapaan Andi Suryanto yakni, kasus yang ditolak kembali oleh keluarganya apabila sudah sembuh.

"Ini yang belum bisa dikerucutkan masalahnya, walaupun sebenarnya dinas sosial sudah mempunyai tempat rumah singgah tetapi perlu penanganan khusus dan penjagaan, sehingga pasien-pasien yang gangguan jiwa bisa tetap berobat dan tenang selama di titip di rumah singgah," ujarnya.

Dengan begitu, dr. Dedet berharap tim pelaksana kesehatan jiwa masyarakat yang terdiri lintas sektor terkait dipemerintahan Kabupaten Sinjai yang telah terbentuk dapat melaksanakan tugas dengan baik.

Sementara itu, Wakil Bupati Sinjai Hj Andi Kartini Ottong saat menghadiri kegiatan tersebut mewakili Bupati Sinjai, berharap dengan pertemuan ini, fungsi TPKJM yang terbentuk sejak Akhir Juli kemarin dapat bersinergi sehingga penanganan ODGJ tepat dan yang pasti dapat ditekan.


(Ardy)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI