TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

8 Rumah di Pulau Sembilan Porak-poranda Diterjang Puting Beliung, Begini Reaksi Pemkab

8 Rumah di Pulau Sembilan Porak-poranda Diterjang Puting Beliung, Begini Reaksi Pemkab

INSTINGJURNALIS.com - Sebanyak delapan rumah di Dusun Kambuno Timur, Desa Pulau Harapan, Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai porak-poranda diterjang angin puting beliung, Selasa, (12/11/2019).

Mendapat kabar insiden itu, Camat Pulau Sembilan, Aditya Putra segera bertindak cepat. Ia langsung menuju lokasi rumah milik warga yang porak poranda di terjang angin puting beliung.

Kepada masyarakat, Aditya mengimbau agar tetap waspada terhadap anomali cuaca yang saat ini mengalami peralihan.

“Saya mewakili Bupati Sinjai menghimbau kepada seluruh masyarakat Pulau Sembilan untuk terus mewaspadai segala potensi bencana yang akan terjadi, apalagi saat ini peralihan musim,” pinta Camat, Aditya Putra.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Sinjai mengaku prihatin atas bencana yang menimpa warga di Pulau Harapan. Menurutnya tidak ada korban jiwa atas peristiwa ini.

"Hanya ada 2 unit rumah mengalami rusak parah bahkan ada satu keluarga bernama Ahmad Minggu, terpaksa dievakuasi ke salah satu rumah kerabatnya akibat atap seng rumahnya nyaris habis diterjang angin kencang dan untuk sementara di tutupi tenda darurat. Sedangkan enam unit rumah lainnya hanya terjadi kerusakan kecil," katanya.

Mengenai bantuan lanjutnya, pihak BPBD dan Dinas Sosial Kabupaten Sinjai saat ini sudah berada di lokasi terdampak bencana untuk menyalurkan bantuan sementara berupa bahan makanan dan kebutuhan sandang lainnya.

Hanya saja untuk bantuan material sampai saat ini masih dilakukan assessment kerusakan dari dampak bencana, oleh pihak pemerintah desa untuk kemudian dikoordinasikan lebih lanjut.

Bahkan Bapak Bupati, A Seto Gadhista Asapa juga meminta, agar OPD terkait untuk segera mengintervensi bantuan material paska bencana untuk korban.

“Alhamdulillah, masyarakat di sekitar lokasi pun  bahu membahu  melakukan evakuasi reruntuhan rumah. Begitupun Pemkab Sinjai tidak akan tinggal diam. Nanti kita akan lakukan sesuai prosedur dan warga yang rumahnya tidak layak, akan menjadi prioritas perbaikan,” imbuhnya.

Bupati Sinjai, A Seto Gadistha Asapa pun menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang cepat dan sigap melakukan tugas penanggulangan bencana.

“Terima kasih kepada camat Pulau Sembilan, BPBD, Dinas  Sosial serta seluruh masyarakat yang sudah terlibat langsung membantu menangani dampak bencana di Pulau Harapan,” pungkas bupati. (*)

Editor : Ardy

Type above and press Enter to search.