Bone Raih Penghargaan Pelayanan Publik Tertinggi, Masyarakat: Urus KTP Kok Susah!

11/28/2019 | 21:19 WIB

Bagikan:
Kantor Disdukcapil Bone
INSTINGJURNALIS.Com--Pemerintah Kabupaten Bone mendapat penghargaan kepatuhan tinggi terhadap pelayanan publik dari Ombudsman RI.

Penghargaan ini diterima langsung Bupati Bone, HA Fahsar M Padjalangi didampingi Asisten II Pemkab Bone, A Gunadil Ukra selaku Plt Kabag Organisasi dan Asisten III, Asriadi Sulaiman, Rabu (27/11/2019).

Namun sejumlah warga Bone mempertanyakan penggargaan itu.
Pasalnya, pelayanan di Kabupaten Bone itu belum bisa dinilai baik.

Kritikan datang dari warga, Nur Aini ia menyoroti pelayanan di bidang pengurusan KTP dan KK. Pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bone dikeluhkan masyarakat. Sebabnya, para pemohon merasa waktu pengurusan pembuatan kartu keluarga dan kartu tanda penduduk membutuhkan waktu yang sangat lama.

Para pemohon, yang sebagian tinggal di daerah terpencil, harus bolak-balik mengurus surat ini.

"Kami sebagai masyarakat mempertanyakan pelayanan publik mana yang menjadi acuan. Justru menjadi persoalan tidak adanya kepastian waktu penyelesaian layanan administrasi kependudukan yang diklaim sudah baik namun masyarakat banyak yang sulit akses layanan tersebut," ujarnya.

Bahkan, penghargaan diberikan itu, sejumlah masyarakat kesal lantaran pengurusan KK dan KTP harus menunggu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

"Bahkan setelah kita mengurus KTP yang diberikan hanya berupa kertas (soket) sebagai pengganti KTP, bahkan untuk menunggu e-KTP kita harus menunggu berbulan-bulan, alasannya kehabisan blangko," tambahnya.

"Jadi seribu penghargaan dan seribu sertifikat akan menjadi hiasan jika pada faktanya pelayanan masih amat sangat buruk," imbuhnya.

(Muhammad Irham)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI