Isak Tangis Warnai Pelepasan Kadarislam

11/18/2019 | 18:36 WIB

Bagikan:

Suasana pelepasan Kapolres Bone, Kadarislam Kasim, di Mapolres Bone, Senin (18/11/2019).
INSTINGJURNALIS.Com--Suasana haru mewarnai ritual tradisi pedang pora di Polres Bone. Ritual Pedang Pora merupakan tradisi dalam pisah sambut pergantian Kapolres lama AKBP Muhammad Kadarislam Kasim ke Kapolres baru AKBP I Made Pradana.

Dalam upacara pisah sambut itu dilakukan serangkaian prosesi, diantaranya pedang pora. Pedang pora ini melibatkan belasan perwira yang membawa pedang panjang mengantar AKBP Kadarislam Kasim yang saat ini menjabat sebagai Kapolres Pelabuhan Makassar.

"Pedang pora ini tradisi untuk menyambut dan menghantar Kapolres baru dan lama. Ini merupakan rasa penghomatan dan menghagai kurang lebihnya itu maknanya," terang Kasubag Humas Polres Bone, Kompol Daniel, Senin (18/11/2018).

Layaknya seperti pengantin, AKBP I Made Pradana dan AKBP Kadarislam masing-masing ditemani istri.

Suasana khidmat dan isak tangis para perwira polisi saat Kapolres Bone lama AKBP Kadarislam Kasim akan meninggalkan bumi Arung Palakka.

Cucuran air mata para perwira tak terbendung kala prosesi pamitan Kapolres lama Kadarislam Kasim dengan para bhayangkari dan pejabat jajaran Polres Bone.

Diketahui, AKBP Kadarislam Kasim telah menjabat Kapolres Bone selama 2,5 tahun dan pindah ke Polres Pelabuhan Makassar. Kadarislam dipromosikan mengisi jabatan juga sebagai kapolres.

Pantauan Instingjurnalis.com, dipuncak acara yang dihadiri hampir seribu orang dari berbagai lapisan berpamitan dengan mantan Kapolres Bone itu.

Dalam pamitan itu bertempat di halaman Polres Bone seluruh anggota Polres Bone berjajar dan melempari Kadarislam dengan bunga melati. Kadarislam pun mengucapkan banyak terima atas kepada semua jajaran yang telah membantu menciptakan Kabupaten Bone yang kondusif.

Kapolres Bone yang baru AKBP I Made Pradana sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Mamuju Utara. Dia siap meneruskan tugas Kadarislam yang belum diselesaikan.

"Sebagai orang baru kita pelajari dulu kasusnya yang jadi tanggungan kami. Program baik beliau (Kadarislam) akan kita lanjutkan," ucap Kapolres Bone, I Made Pradana kepada wartawan. 

(Muhammad Irham)

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI