Elektabilitas Suardi Saleh Paling Tinggi, PKS Beri Sinyal Ikut Mengusung

1/22/2020 | 19:56 WIB

Bagikan:
Elektabilitas Suardi Saleh Paling Tinggi, PKS Beri Sinyal Ikut Mengusung
Suardi Saleh. Foto/Istimewa

INSTINGJURNALIS.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memberi sinyal ikut mengusung incumbent Barru, Suardi Saleh. Pertimbangan utamanya, yakni hasil survei terbaru yang menempatkan politisi Nasdem tersebut jauh mengungguli kandidat lain.

Ketua DPD PKS Barru, Rusdi Hidayat Jufri membenarkan jika partainya mengarah ke Suardi Saleh. Hanya saja untuk rekomendasi masih menunggu suami dari Hj Hasnah Syam itu menentukan pasangannya di pilkada.

"Kita menunggu dulu sampai dua pasangan, baru kita putuskan pilihan rekomendasi, biar ada perimbangan kita memilih," kata Rusdi Hidayat usai mendengarkan pemaparan hasil survei Lembaga Smart Power Institute di Warkop Soqta Makassar, Rabu (22/01/2020).

Meski demikian, peluang Suardi Saleh mengendarai PKS dinilai sangat terbuka. Sebab, salah satu pertimbangan partainya menentukan usungan, yakni hasil survei dari lembaga profesional.

"Kami memang mau menang, jadi tolak ukur untuk memutuskan rekomendasi dukungan adalah yang paling tinggi elektabilitasnya," sebut dia.

Berdasarkan pemaparan hasil survei Smart Power Institute, posisi Suardi Saleh jauh mengungguli bakal rivalnya. Seperti Malkan Amin dan sejumlah nama lain yang disebut-sebut ingin maju bertarung.

Dari 20 nama kandidat yang dimasukkan di dalam survei yang digelar 9-16 Januari 2020 dengan melibatkan 400 responden yang tersebar di tujuh kecamatan, Suardi Saleh nyaris unggul di semua segmen.

"Kalau pemilihan kepala daerah (Barru) hari ini secara terbuka, incumbent (Suardi Saleh) berada dipuncak di top of mine 17,0 persen, disusul Malkan Amin 7,0 persen dan ketiga Andi Ogi 3,5 Persen," kata Peneliti Lembaga Smart Power Institute, Kasman saat menggelar jumpa pers.

Sedangkan, lanjut dia, kalau simulasi pencoblosan, Suardi Saleh juga unggul jauh. Elektabilitasnya berada di angka 24 persen. Disusul Malkan Amin 11,5 persen dan Andi Ogi 4 Persen, kandidat lainnya masih dibawah 1 persen.

Smart Power Institute yang merupakan lembaga survei pembanding di internal PKS, mengurai dinamika Pilkada Barru yang berpotensi head to head antara Suardi Saleh dan Malkan Amin yang hampir pasti berpasangan dengan Andi Salahuddin Rum.

"Kalau melihat peta politik. Lebih condong head to head antara Suardi Saleh melawan Malkan Amin," pungkasnya.

(Satria)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI