Tegas, Bupati Barru: Jangan Biarkan Pegawai Tak Punya Kerjaan

1/21/2020 | 08:11 WIB

Bagikan:
Tegas, Bupati Barru: Jangan Biarkan  Pegawai Tak Punya Kerjaan
Bupati Barru Suardi Saleh

INSTINGJURNALIS.com - Bupati Barru Suardi Saleh kembali mengingatkan semua jajarannya untuk bekerja sepenuh hati dalam menjalankan setiap tanggung jawab yang diemban. Menurutnya, SKPD atau OPD harus lebih inovatif dan kreatif.

Saat memimpin coffee morning di ruang data kantor Bupati Barru, Senin (20/01/2020), Suardi Saleh mengurai berbagai hasil evaluasi dan capaian sejumlah SKPD yang mesti ditingkatkan di tahun ini. Apalagi banyak tantangan yang dihadapi lebih berat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Salah satu yang menjadi titik tekan di rapat evaluasi dan koordinasi kali ini, yakni soal penggunaan dan serapan anggaran, serta sinergitas antar OPD yang wajib untuk ditingkatkan.

“APBD harus betul-betul dilaksanakan sesuai schedule. Kekurangan di tahun lalu, harus disempurnakan tahun ini. Sangat penting juga,  asumsi bahwa anggaran dapat jadi luncuran ke tahun berikutnya tidak menjadi kebiasaan,” tegas Suardi Saleh di depan Pj Sekda, Kepala Dinas dan sejumlah kepala bagian di lingkup Pemkab Barru.

Selain itu, proyek-proyek dari APBD maupun anggaran pusat mesti memberi konstribusi positif terhadap penyerapan tenaga kerja lokal, atau memberdayakan warga Barru. Begitu pun efektif dan efisien mengelola dan menggunakan anggaran.

“Kita di pemerintahan, pakailah prinsip seperti di rumah tangga yang memaksimalkan pembelanjaan. Sebab yang susah adalah mencari uang. Karena itu, efisiensi dan efektivitas harus diperhatikan ketika membelanjakan,” tambah Suardi Saleh.

Mengenai target di tahun 2020 ini, Suardi Saleh menaruh harapan kepada semua jajarannya untuk meningkatkan kerjasama. Termasuk memberikan kemudahan dalam investasi.

Bukan hanya itu, semua OPD dan jajarannya wajib memahami tupoksi masing-masing. Olehnya itu, Suardi mengingatkan kembali pentingnya membangun tim kerja yang solid, serta melakukan langkah-langkah yang inovatif.

“Sekretaris, Kabid dan semuanya harus dimanfaatkan. Jangan ada pegawai yang mengatakan tidak ada dikerja. Sebab bisa jadi pimpinannya yang kurang coaching,” pesan Suardi Saleh.

Begitu pun kepada staf ahli di lingkup Pemkab, harus melalukan koordinasi dengan SKPD untuk diikutkan dalam proses atau evaluasi, sehingga perannya lebih teroptimalkan. (rls)

Editor : Satria
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI