Pemkab Pangkep 'Berguru' di Sinjai Soal Gerai Perizinan

2/04/2020 | 16:01 WIB

Bagikan:
Pemkab Pangkep 'Berguru' di Sinjai Soal Gerai Perizinan

INSTINGJURNALIS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangkajene dan Kepulauan melakukan kunjungan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DMPTSP) Kabupaten Sinjai, Selasa (4/2/2020).

Kunjungan lintas sektor Pemkap Pangkep yang di pimpin langsung oleh Andi Sadda ini dalam rangka melakukan kolaborasi sistem gerai perizinan yang diterapkan Pemkab Sinjai di bawah kepemimpinan Bupati Andi Seto Asapa (ASA).

"Kami dari Pemerintah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan banyak berdiskusi mengenai sistem yang diterapkan Pemkab Sinjai dalam hal ini DMPTSP terkait pelayanan perizinan. Termasuk gerai perizinan sektor kelautan dan perikanan," ujar Andi Sadda saat ditemui.

Dia mengatakan, kunjungan ke Kabupaten Sinjai, juga merupakan arahan Gubernur Sulsel yang sebelumnya telah menyampaikan ke Pemkab Pangkep untuk melakukan kolaborasi mengenai beberapa pelayanan perizinan yang diterapkan Sinjai.

"Ternyata, setelah kami banyak berdiskusi, apa yang diterapkan Pemerintah Kabupaten Sinjai memiliki banyak manfaat. Ya dampaknya masyarakat kita bisa terlayani dengan baik dengan cepat tanpa lagi ke Makassar," terang Kepala Dinas Pertanian itu.

Hal kunjungan ini akan dilaporkan kepada Bupati Pangkep untuk selanjutnya ditindaklanjuti.

"Hal yang serupa kami akan terapkan di Kabupaten Pangkep," kata Andi Sadda.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Lukman Dahlan menuturkan, kunjungan Pemerintah Kabupaten Pangkep dalam rangka belajar tentang bagaimana memberikan layanan, khususnya gerai perizinan di sektor perikanan yang merupakan gerai pertama di Sulawesi Selatan.

"Tadi malam mereka datang melihat sekaligus meninjau lokasi sambil melihat proses bagaimana pelayanan yang diberikan dan hari ini dilanjutkan diskusi, mereka menanyakan bagaimana proses, cara dan metedo dalam membentuk gerai perizinan," katanya.

Menurutnya, kunjungan yang dilakukan Kabupaten Pangkep pertanda baik bagi Kabupaten Sinjai bahwa inovasi Bupati Sinjai Andi Seto Asapa telah dapat dijadikan contoh oleh Kabupaten lain.

"Ini merupakan suatu hal yang membanggakan karena ide dan inovasi bapak Bupati (Andi Seto Asapa) dilihat dan dicontohi oleh kabupaten lain yang ada di Sulawesi Selatan," kata Mantan Kabag Hukum Setdakab Sinjai ini. (ads)

Editor : Satria
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI