TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Tidak Lagi ke Provinsi, Pengusaha Ini Ungkap Kemudahan Pengurusan Izin di Gerai Perizinan di PPI Lappa

Tidak Lagi ke Provinsi, Pengusaha Ini Ungkap Kemudahan Pengurusan  Izin di Gerai Perizinan di PPI Lappa
Muh. Nur (baju putih) saat melakukan pengurusan izin di gerai perizinan terpadu

INSTINGJURNALIS.com - Salah seorang pengusaha jual beli ikan Muh. Nur sumringah dengan inovasi Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) menghadirkan gerai pelayanan perizinan sektor kelautan dan perikanan.

Pasalnya, gerai yang dipusatkan di Kompleks Pusat Pendaratan Ikan (PPI) Lappa, Kecamatan Sinjai Utara itu, sangat memudahkan bagi para pengusaha dalam melakukan pengurusan.

Muh. Nur yang tengah mendapat pelayanan saat kunjungan kerja Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara membeberkan perasaannya mendapatkan kemudahan pelayanan perizinan.

"Kita senang sekali dan bersyukur di Sinjai telah hadir gerai perizinan yang memudahkan para pelaku usaha perikanan dalam mengurus Surat Izin Usaha Perikanan (SIUPI), Surat Izin Kapal Pengankut Ikan (SIKPI) dan Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI)," kata warga Kecamatan Sinjai Utara itu saat ditemui, Jumat (28/2/2020) kemarin.

Tak hanya itu, Nur juga membeberkan perbandingannya saat masih melakukan pengurusan di Provinsi yang memakan waktu  terbilang lama. Sebab, sejumlah kelengkapan harus dipenuhi terlebih dahulu, kemudian cek fisik. Ditambah lagi perjalanan ke Makassar.

"Dulu waktu di Provinsi pengurusan SIPI kita memakan waktu yang banyak. Pertama kita mengambil pengantar dari perikanan, cek fisik kemudian foto copy kelengkapan lainnya. Sampai di Makassar kita tidak langsung dilayani, kita mengantri. Sekarang kita sodorkan berkas kalau jaringan bagus tidak cukup 1 jam sudah adami keluar izin," katanya sumringah.

Sebagaimana diketahui, gerai perizinan terpadu tersebut kini dilirik dari berbagai pihak luar seperti, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangkajene dan Kepulauan dan Kabupaten Bombana.

Kadis PMPTSP Sinjai, Lukman Dahlan menuturkan, inovasi Bupati Sinjai Andi Seto Asapa ternyata telah memberikan inspirasi bagi daerah lain untuk melakukan hal yang sama.

"Tentu kita harus berbangga bahwa sesuatu yang telah dilakukan untuk masyarakat di Sinjai telah menginspirasi bagi daerah lain, bukan hanya dari Sulsel tetapi dari Sulawesi Tenggara," kata Lukman.

(Satria)

Type above and press Enter to search.