TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Wadada..Potensi Tangkapan Ikannya Nelayan Sinjai Banyak'na


INSTINGJURNALIS.com - Jumlah nelayan yang ada di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan saat ini mencapai 8.888 ribu orang.

Teranyar, dalam setahun tanggapan nelayan mencapai puluhan ribu ton.  Bahkan ikan hasil tangkapan tersebut mayoritas ikan-ikan unggulan seperti ikan tuna, dan cakalang.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Sinjai, Lukman Dahlan sebelumnya menyatakan, ribuan nelayan tersebut menggunakan beberapa jenis kapal tangkap seperti, kapal motor 5 gross tonnage (GT) ke bawah sebanyak 604 unit, 5-10 GT 194 unit, 10-20 GT 356 unit, 20-30 GT 635 unit. Sementara untuk perahu tempel sebanyak 549 unit.

"Kalau jumlah keseluruhan jumlah alat tangkap yang digunakan nelayan kita di Sinjai itu sebanyak 2.569 unit. Jumlah terbanyak alat tangkap itu ada di Sinjai Timur kemudian di Sinjai Utara," ungkapnya.

Menariknya, kata mantan Kabag Hukum Setdakab Sinjai ini, hasil tangkapan nelayan tersebut rata-rata ikan unggulan seperti ikan tuna dan cakalang. Dengan begitu, Lukman mengimbuhkan, hal ini tentu akan menjadi angin segar bagi Sinjai Sendiri.

Sebab, melimpahnya ikan di Sinjai dengan beberapa ikan unggulan, tentu akan jadi daya tarik para investor. Apalagi memang, komoditas seperti ikan tuna ini khusus di Indonesia paling banyak di ekspor ke Jepang.

"Demikian juga kita harapkan kedepan, apa yang menjadi potensi yang ada di Sinjai bisa juga dilirik oleh Investor. Dan memang pak Bupati (Andi Seto Asapa) juga terus memberikan dorongan mengenai hal ini," jelasnya.

Sesuai harapan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) potensi hasil tangkapan nelayan, lanjut Lukman, memang harus dikelolah dengan baik dengan melibatkan investor, sehingga jumlahnya jauh lebih meningkat.

(Satria)

Type above and press Enter to search.