TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

5 Warga Positif DBD, Kadis Kesehatan Sinjai Imbau Masyarakat Terapkan 3 M Plus

Dinkes Sinjai Imbau Masyarakat Terapkan 3 M Plus Antisipasi Penyebaran DBD
Kepala Dinas Kesehatan Sini, dr. Andi Suryanto Asapa. (Foto:Dok Instingjurnalis.com)

INSTINGJURNALIS.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai mengajak masyarakat untuk menjaga pola hidup bersih agar terhindar dari serangan penyakit menular.

Ajakan dan imbauan tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr. Andi Suryanto Asapa untuk mewaspadai penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Menyusul, saat ini sudah memasuki musim hujan.

Sebab, beberapa penyakit yang kerap menyerang masyarakat saat musim penghujan diantaranya malaria, diare, dan DBD.

Apalagi, ungkap Suryanto berdasarkan data  dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sinjai saat ini sedikitnya lima warga yang sementara menjalani perawatan medis akibat DBD.

"Kami berharap agar masyarakat dapat meningkatkan gerakan 3M plus, yakni Menguras, Mengubur, dan Menutup," imbuh Suryanto kepada Instingjurnalis.com, Kamis (12/3/2020).

Sedangkan untuk plusnya, masyarakat diminta agar membersihkan bak mandi setiap minggu, menaburkan abate, mamakai lotion anti gigitan nyamuk, memakai kelambu untuk menghindari gigitan nyamuk

Serta melakukan Fogging atau penyemprotan bila disekitar rumah pasien DBD sudah ada yang terjangkit.

"Namun fogging ini tidak 100 persen mematikan nyamuk, dan juga sering mengganggu pernafasan karena memiliki campuran malation dan solar," kata Suryanto.

Dengan begitu, saat ini Dinas Kesehatan Sinjai melalui Puskesmas yang tersebar di Sembilan Kecamatan intens melakukan penyuluhan tentang bahaya DBD.

"Kami dari Dinas Kesehatan Sinjai dan Puskesmas telah pembagian abate kepada masyarakat dan rutin melakukan penyuluhan tentang DBD dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)," pungkas dr. Dedet sapaan akrab Andi Suryanto Asapa.

(Satria)

Type above and press Enter to search.