TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Cegah Corona, Masyarakat Diimbau Hindari Kontak Fisik

Cegah Corona, Masyarakat Diimbau Hindari Kontak Fisik
Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof HM Nurdin Abdullah memimpin langsung Rapat Koordinasi (Rakor) kewaspadaan dan pencegahan.

INSTINGJURNALIS.com - Komitmen mencegah virus Corona (Covid-19) dan Demam Berdarah Dengue (DBD), Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof HM Nurdin Abdullah memimpin langsung Rapat Koordinasi (Rakor) kewaspadaan dan pencegahan.

Nurdin Abdullah mengaku sangat bersyukur rakor ini dihadiri DPRD Sulsel, Kepala BIN, Angkasa Pura, Pelindo, Perhubungan, Dinas Kesehatan, Forkopimda, dan yang paling penting seluruh rumah sakit di Sulsel. Menurutnya, semua yang hadir pada rakor ini tentunya memiliki peran penting dalam mencegah terjangkitnya Covid-19 dan DBD sendiri.

“Saya bersyukur karena semuanya hadir. Selain Covid-19 ini juga DBD, saya minta supaya kita betul-betul mencegahnya. Jangan karena kita fokus cegah Covid-19, penyakit lain yang kena,” kata Nurdin Abdullah, saat rakor di Baruga Karaeng Pattingalloang, Jumat, 13 Maret 2020.

Dijelaskan, Covid-19 ini disinyalir kuat bukan virus biasa. Sebab, virus biasa penyebarannya tidak secepat penyebaran Covid-19 ini.

“Ini bukan virus biasa, tidak mungkin bisa menyebar begitu cepat,” singkatnya.

Adapun imbauan Nurdin Abdullah dalam kesempatan tersebut, diharapkan seluruh masyarakat untuk saat ini jangan dulu bersentuhan secara fisik. Dimana penyebaran Covid-19 ini bisa terjangkit hanya dengan bersentuhan fisik, terutama bagian wajah dan telapak tangan.

Diketahui, para pakar kesehatan memberikan rekomendasi agar membatasi sentuhan fisik demi mengurangi resiko tertular. Salah satunya, budaya masyarakat pada umumnya yakni jabat tangan, sebaiknya dihindari untuk saat ini.

“Meskipun itu adalah budayanya kita harus jabat tangan, tapi kita hindari dulu untuk mencegah terjadinya efek yang lebih besar ini,” imbaunya.

Selain itu, Ia juga mengimbau agar masyarakat selalu menggunakan anti septik cair. Terutama setelah dari toilet, selasai makan, dan menyentuh apapun di tempat umum.

“Walaupun belum ada yang pasti terjangkit, tapi harus kita mencegah,” ujarnya.

Lebih lanjut, Nurdin Abdullah berharap Angkasa Pura menyediakan alat pendeteksi suhu atau sejenisnya yang lebih canggih lagi, untuk mencegah masuknya virus Corona di bandara, pelabuhan, dan terminal bus.

“Saya berharap di seluruh pintu gerbang Indonesia agar mencari alat yang sangat canggih lagi,” tutupnya. (*)

Editor : Satria

Type above and press Enter to search.