Dinkes Sinjai Serahkan APD ke Puskesmas

3/31/2020 | 22:20 WIB

Bagikan:
Dinkes Sinjai Serahkan APD ke Puskesmas

INSTINGJURNALIS.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD) kepada Puskesmas yang tersebar dibeberapa Kecamatan di Bumi Pantita Kitta.

Penyerahan APD yang akan digunakan untuk para petugas medis yang berada puskesmas saat melakukan rujukan pasien Coronavirus Disease (COVID-19) 2019 berlangsung di Aula Pertemuan Dinas Kesehatan Sinjai, Selasa (31/3/2020).

APD tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr. Andi Suryanto Asapa kepada masing-masing perwakilan Puskesmas.

"Untuk APD yang dibagikan ada macam-macam tipe, ada cuman 1 kali pakai saja kemudian ada yang bisa dicuci dan dipakai berulang kali," ungkapnya.

Dengan begitu, dr. Dedet sapaan Andi Suryanto Asapa berharap dengan adanya APD ini sebisa mungkin dapat dimanfaatkan bagi petugas medis yang ada di lingkungan Puskesmas.

Terutama kata dia, untuk dokter umum, dokter gigi dan perawat gigi dan petugas surveilans. Selain itu, APD ini juga diperutukan untuk petugas yang jaka posko serta petugas yang merujuk ke Rumah Sakit.

Sementara untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) terkait Covid-19, dr. Dedet menyebutkan bahwa hingga Selasa 31 Maret 2020 Pukul 17.00 Wita, terdapat 126 Orang Dalam Pemantauan (ODP), 113 proses pemantauan, dan 13 selesai pemantauan.

Sedangkan 8 Pasien Dalam Pemantauan (PDP) 4 diatantaranya masih dalam perawatan, 3 orang sudah pulang dan 1 sementara isolasi mandiri.

"Yang 8 PDP ini, ada empat di Sinjai kemudian 4 diluar wilayah kemudian sudah keluar dari Bone dan Luwu Timur," tandas dr.dedet.

Dalam Covid-19 ini tambah dia, muncul defenisi operasional terbaru yakni Orang Tanpa Gejala (OTG). Hingga saat ini 5 orang dalam proses pemantauan. (ads)

(Satria)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI