TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Masyarakat Diminta Tenang Sikapi Corona

Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene
Felly Estelita Runtuwene 

INSTINGJURNALIS.com - Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene meminta masyarakat untuk bersikap tenang dalam menyikapi virus Corona (COVID-19) yang dikabarkan telah masuk ke Indonesia.

Menurutnya jika masyarakat panik dan cemas berlebihan, maka itu akan merugikan masyarakatnya sendiri. Apalagi, wabah virus Corona itu bukan hanya terjadi di Indonesia saja, namun di sejumlah negara.

“Kita sampaikan pada masyarakat jangankah kita panik. Saya anjurkan untuk tetap tingkatkan imun kita. Karena sampai hari ini obatnya belum ada. Jadi sebetulnya orang sakit itu lebih karena pikiran, marilah kita positive thinking, tapi jangan juga kita abaikan informasi yang ada,” ujar Felly usai memimpin kunjungan on the spot Komisi IX DPR RI ke Kementerian Kesehatan, dan rapat dengan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Rabu (4/2/2020).

Selain menganjurkan masyarakat untuk tenang, politisi Partai NasDem ini juga meminta aparatur terkait untuk meningkatkan pendeteksian dini terkait penyebaran virus corona. Terutama untuk jajaran imigrasi dan karantina bandara, Felly meminta agar setiap ada Warga Negara Asing (WNA) yang masuk untuk dapat dilakukan pengecekan terlebih dulu.

“Kami minta pada Kemenkes untuk koordinsi dengan otoritas bandara seperti Kementerian Perhubungan, Imigrasi dan Karantina untuk memperketat jalur keluar masuk tiap orang per orang. Tak hanya bandara ya, tapi juga pintu masuk darat dan laut. Kami minta untuk ditingkatkan deteksi awal,” tegas Felly.

Selain itu, kepada jajaran media massa, Felly juga mengungkapkan untuk bersikap proporsional dalam memberitakan kejadian virus Corona ini. Pasalnya, hingga kini banyak masyarakat yang menjadi panik akibat pemberitaan di media massa yang begitu massif. Menurutnya, waspada boleh tapi jangan sampai menimbulkan kepanikan yang berlebih.

“Jadi sebetulnya, terjangkitnya corona dari satu ke yang lain itu cepat. Tapi bisa dibilang tingkat kematiannya itu banyak menyeranf orang-orang yang lanjut usia. Jadi ini tentang bagaimana meningkatkan daya tahan tubuh kita dan kita bersikap tenang serta berfikiran positif,” jelas legislator dapil Sulawesi Utara itu.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dalam kesempatan ini mengungkapkan akan terus melakukan kerja pendeteksian dini terhadap seluruh elemen yang menyebabkan tersebarnya virus corona, adapun antisipasi dan koordinasi dengan seluruh pihak terkait terus dilakukan secara berkala, termasuk juga koordinasi dengan jajaran kepala daerah. (**)

Editor : Satria

Type above and press Enter to search.