Seperti Ini Kriteria Penilaian Lomba MTQ ke-41 Dihari Pertama

3/06/2020 | 23:32 WIB

Bagikan:
Seperti Ini Kriteria Penilaian Lomba MTQ ke-41 Dihari Pertama
Sekretaris Dewan Hakim MTQ ke-41, H. Roslan 

INSTINGJURNALIS.com - Sebanyak 286 Qori dan Qoriah dari sembilan Kecamatan ambil bagian dalam pelaksanaan
Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-41 tingkat Kabupaten Sinjai yang resmi ditabuh pada Kamis (5/3/2020) malam di Lapangan Padaelo, Kelurahan Tassililu, Kecamatan Sinjai Barat.

Sekretaris Dewan Hakim, H. Roslan menyebutkan dihari pertama pelaksanaan MTQ tersebut telah dilangsungkan beberapa jenis lomba. Pertama MTQ golongan anak-anak 18 orang, kemudian  Qiraat Murottal Remaja dan Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ).

Untuk kriteria penilaian dalam lomba MTQ golongan anak-anak ini dikatakan Roslan, yakni suara, lagu, pasada adap serta tajwid. Kemudian untuk Qiraat juga ada pada penilaian tajwid, pasada adap, lagu dan suara.

Sementara untuk, Hifdzil Quran yaitu bagaimana kelancaran menghafal Al Quran kemudian kriteria dalam bidang tilawah dan suara, selanjutnya juga menyangkut pasada adap demikian juga tajwidnya.

"Itulah menjadi kriteria penilaian dari beberapa cabang yang di perlombakan hari ini," ujar Roslan saat ditemui, Jumat (6/3/2020).

Masih kata Roslan, untuk cabang lomba Qiraat pada MTQ ke-41 ini hanya diikuti sembilan peserta. Berbeda dengan cabang lain, sebab beberapa kecamatan ada yang hanya mengikutkan Qori dan tidak mengikutkan Qoriah, demikian sebaliknya.

"Inilah yang menyebabkan sehingga tidak lengkap 18 orang. Yang jelas semua kecamatan mengikuti hanya saja tidak lengkap putra-putri," ujarnya.

Roslan mengatakan bahwa, Qiraat ini merupakan cabang yang baru diperlombakan pada pelaksanaan MTQ ke-41 tahun ini.

"Qiraat Ini memang salah satu cabang baru yang diperlombakan dalam MTQ kali ini. Dimana kriteria penilaiannya itu juga memerlukan suatu profesi yang khusus menyangkut masalah Qiraat atau bacaannya dan bacaan itu tidak menimbulkan kesalahan arti dalam penerjemahannya," beber Roslan, mengatakan lomba Qiraat ini tidak di finalkan.

MTQ yang akan berlangsung hingga 11 Maret 2020 mendatang, untuk malam kedua kata Roslan, akan berlangsung cabang Tilawatil Quran golongan dewasa. Lomba di fokuskan di panggung utama Lapangan Padaelo.

(Satria)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI