Stok Masker di Sejumlah Apotek di Sinjai Ludes, Ini Penyebabnya!

3/13/2020 | 18:41 WIB

Bagikan:
Ilustrasi - Seorang warga bersiap masuk ke dalam apotik yang memasang tulisan "masker kosong" di Tegal, Jawa Tengah, Kamis (5/3/2020). (photo/ANTARA/Oky Lukmansyah)

INSTINGJURNALIS.com - Meningkatnya kekhawatiran akan penularan virus Corona atau Covid -19 membuat permintaan masker wajah semakin meningkat. Imbasnya, apotek mulai kehabisan stok.

Seperti stok masker di sejumlah apotek di Kabupaten Sinjai ludes terjual. Kehabisan stok masker terjadi kurun waktu sebulan terakhir ini.

Seperti dikatakan Taufik HM Pemilik Toko Obat Afiat di Jalan Bawakaraeng. Menurutnya, kekosongan masker memang sudah terjadi sejak sebulan lalu.

"Sudah sebulan tidak ada atau kosong, jangankan di Sinjai di Makassar saja susah masker," kata Taufik melalui via saluran WhatsApp, Jumat (13/3/2020).

Di apotek lainnya, seperti Apotek Suryani Farma di jalan Bulu Salaka, juga mengalami hal yang sama yakni kekosongan masker.

Salah satu karyawan Apotek Lestari Amanah di Jalan Persatuan Raya, Nurfadillah, mengatakan kondisi tersebut sudah terjadi selama sebulan terakhir.

Kelangkaan masker dipicu merebaknya isu virus corona, sehingga membuat masyarakat Sinjai ikut waspada dengan menggunakan masker ketika beraktivitas.

"Sekarang ini yang minta (masker red) banyak tapi barangnya tidak ada," katanya.

Hingga saat ini pihak apotek belum mengetahui kapan persediaan masker masuk ditengah banyaknya warga yang mencari masker.

Terpisah, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P)  Dinas Kesehatan Sinjai Akhirani mengatakan bahwa penggunaan masker itu untuk mereka yang sakit.

"Jadi kalau tidak sakit tidak perlu memakai masker. Cukup menjaga jarak dari orang yang sementara sakit batuk," katanya.

Akhirani juga menghimbau kepada masyarakat  untuk meningkatkan perilaku bidup bersih dan sehat dengan mencuci tangan setiap selesai melakukan aktifitas, mengurangi aktifitas di luar rumah, utamanya kegiatan di tempat keramaian serta memperbanyak makan buah dan sayur.

(Satria)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI