TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Pemerintah Beri Diskon Listrik 3 Bulan, Caranya?

Pemerintah Beri Diskon Listrik 3 Bulan, Caranya?
Ilustrasi

INSTINGJURNALIS.com - Selama tiga bulan kedepan, pemerintah memberikan keringanan kepada masyarakat dengan menggratiskan tarif listrik kepada pelanggan 450 VA dan diskon sebesar 50 persen pada 900 VA.

Kebijakan tersebut, selama bencana wabah virus corona atau Covid-19. Pemberian listrik gratis dan diskon tersebut akan diberikan pada pelanggan pasca bayar dan pelanggan yang menggunakan token di akhir bulan.

“Sebesar apa? yaitu sebesar pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian selama 3 bulan terakhir. Jadi yang tertinggi selama 3 bulan terakhir,” kata Wakil Direktur PLN Dermawan Prasojo dikutip Pojoksatu.id.

Khusus pelanggan listrik 900 VA hanya untuk pelanggan yang diberikan subsidi yaitu, lanjut Dermawan berkode R1 900 VA. Sedangkan untuk kode R1M 900 VA tidak mendapatkan diskon.

Adapun cara untuk mendapatkannya sangat mudah dengan menggunakan nomor WhatsApp ke 0812 2123 123. Nantinya, akan mendapatkan balasan, terus kemudian dimasukkan ID pelanggan.

Dari ID pelanggan akan ada kode token listrik gratis yang kemudian bisa dimasukkan pada KWH meter untuk mendapatkan diskon nya atau gratisannya.

“Untuk itu nomor whatsApp 0812 2123 123 insya Allah nanti akan bisa berjalan mulai hari Senin. Tapi saat ini masih dalam perbaikan, bukan dari di pihak PLN nya tetapi dari server dan pihak whatsapp-nya dengan Facebooknya,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga menyediakan layanan melalui akses website resmi PLN yaitu www.pln.co.id. Nantinya, pelanggan dapat memilih menu pelanggan, di situ sudah ada sub menu namanya stimulus Covid 19 seperti arahan dari bapak presiden.

Masukan ID pelanggan dan atau nomor meternya kemudian masuk ke token listrik gratis, akan ditampilkan layarnya. kemudian begitu token listrik gratisnya berhasil didapatkan, pelanggan memasukkan angka tersebut ke KWH meter, agar bisa mendapatkan gratisan nya atau diskonya sesuai dengan arahan dari pemerintah tersebut.

“Ini kalau ada pelanggan yang melihat struknya, kalau pas beli token, ini kodenya ada R1M, M ini artinya mampu. Itu berarti walaupun itu 900 VA tetapi mohon maaf, yang R1M berarti non subsidi atau mampu memang saat ini tidak eligible untuk mendapatkan diskonnya 50 persen,” jelasnya.

Editor : Satria

Type above and press Enter to search.