Pendaftaran Kartu Prakerja melalui Online, Diskopnaker Sinjai Bantu Fasilitasi

4/22/2020 | 17:30 WIB

Bagikan:

Pendaftaran Kartu Prakerja melalui Online, Diskopnaker Sinjai Bantu Fasilitasi


INSTINGJURNALIS.com - Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja (Diskopnaker) Kabupaten Sinjai memberikan fasilitas bagi yang ingin mendaftarkan kartu pra kerja. Pemanfaatan fasilitas ini diberikan bagi masyarakat yang mempunyai keterbatasan sarana untuk mendaftar.

Sebagaimana diketahui, program Kartu Pra Kerja merupakan salah satu dari sekian banyak program pemerintah, untuk mengatasi dampak Virus Corona (Covid-19) di Indonesia.

Kadiskopnaker Sinjai, H Firdaus menyatakan, pihaknya telah menyiapkan beberapa fasilitas penunjang kepada masyarakat yang hendak mendaftarkan kartu pra kerja.

Pemberian fasilitas tersebut, kata Sinjai, untuk memudahkan bagi masyarakat yang hendak mendaftarkan kartu pra kerja. Bertempat di kantor Diskopnaker, pihaknya menyediakan beberapa perangkat komputer beserta jaringan internet

"Jadi petugas kami disini (Diskopnaker red) membantu masyarakat mendaftar online, karena masih banyak yang belum paham cara pendaftarannya", kata Firdaus, Rabu (22/4/2020) 

Untuk syarat pendaftaran, kata dia, masyarakat hanya perlu datang dan membawa Kartu Tanda penduduk (KTP) untuk diregistrasi oleh petugas Diskopnaker Sinjai. 

"Nanti petugas yang dampingi masyarakat untuk mengisi pertanyaan yang diajukan oleh sistem seperti mengupload foto dan sebagainya, dan ini hari ketiga kami melayani", tambahnya. 

Meski dibuka untuk umum, namun program Kartu Pra Kerja ini memprioritaskan bagi masyarakat yang belum punya pekerjaan. Termasuk mereka yang terdampak Covid-19 karena di PHK atau dirumahkan.

"Tetap kita buka untuk semua masyarakat, tapi yang paling diprioritaskan itu yang memang tidak punya pekerjaan dan korban PHK atau dirumahkan", jelasnya. 

Penerima program kartu pra kerja ini nantinya akan menerima bantuan uang tunai sebesar Rp3,5 juta selama 4 bulan kedepan, dengan rincian Rp2,4 Juta untuk biaya hidup, Rp1 juta biaya pelatihan dan selebihnya biaya survey. (**)

Editor : Satria
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI