2021, Pemkab Sinjai Bangun Embung Cegah banjir

5/15/2020 | 21:34 WIB

Bagikan:
2021, Pemkab Sinjai Bangun Embung Cegah banjir
Ilustrasi/Internet

INSTINGJURNALIS.com - Pemerintah, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Sinjai menanggapi persoalan yang menjadi fenomena saat musim hujan melanda wilayah Sinjai.

Kabid Sumber Daya Air Dinas PUPR Sinjai, Andi Syarifuddin mengatakan, saat ini pemerintah dalam hal ini Bupati Sinjai Andi Seto Asapa telah mengambil langkah terkait persoalan tersebut.

Bahkah, setelah dari study banding di Semarang tahun 2019 lalu, Bupati Sinjai langsung bergerak menginstruksikan bawahannya untuk pembuatan penampungan air genangan.

"Pasca kunjungan ke Semarang kita sudah bergerak, langsung melakukan pengajuan ke pusat ke kementerian PUPR dan telah mendapat respon, sekarang ini perencanaan pembuatan Embung sudah berjalan dan sudah ditenderkan," kata Andi Syarifuddin, Jumat (16/5/2020).

Perencananya sendiri menelan anggaran dengan pagu sebesar Rp.736.848.000 dan nilai kontraknya sebesar Rp.666.781.500 yang bersumber dari dana APBN.

Untuk pembangunannya sendiri direncanakan akan dimulai tahun 2021, tempatnya di Sinjai Utara, Kelurahan Bongki dengan seluas 5 Hektar dengan daya tampung 20 ribu meter kubik.

Selain dimaksudkan sebagai pengendali banjir dalam Kota, kedepannya embung ini juga akan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai obyek wisata dan lainnya.

"Dipastikan ketika ini selesai maka akan bisa mengurangi genangan jika musim penghujan tiba, dengan memecah luapan air, " pungkasnya.

Terpisah, Kepala Dinas PUPR Andi Taufiq Asapa menuturkan, kita tidak perlu saling menyalahkan terkait genangan air ditengah kota saat musim hujan. Karena menururnya, kinerja drainase yang ada saat ini memang sudah menurun, dan perlu di rekayasa dan di tata ulang lagi,

"Ini sudah ada sejak jamannya pendahulu kita, dan sudah saatnya kita memikirkan solusinya bagaimana agar supaya kinerja drainase kota mampu bekerja dan mengendalikan genangan air, agar bisa dimaksimalkan kembali," paparnya.

Andi Taufiq tak menampik soal rencana pembangunan embun air tersebut. Apalagi, kata dia hal itu telah mendapat restu dari Kementerian PUPR.

"Kita sudah dapat restu anggaran dari pihak kemeterian PUPR pusat dan perencanaannya sudah ditender, Insya Allah Mudah-mudahan pembangunan fisiknya bisa direalisasikan secepatnya sehingga memberikan dampak soluktif terhadap fenomena genangan air di Kota Sinjai,"

(Sar/Fauzan)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI