TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Disdik Perpanjang Pendaftaran Siswa Baru 2020

Disdik Perpanjang Pendaftaran Siswa Baru 2020
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai, A. Jefriyanto Asapa

INSTINGJURNALIS.com - Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPD) tahun ajaran 2020/2021 yang semula dibuka sejak 1- 10 Mei di perpanjang hingga 16 Mei 2020.

Perpanjangan pendaftaran untuk tingkat sekolah Taman Kanak-kanak (TK)  hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) lantaran target dari kuota disiapkan belum memenuhi.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai, A. Jefriyanto Asapa, Selasa (12/5/2020).

Dia mengungkapkan, per tanggal 12 Mei 2020 ini berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Sinjai jumlah calon peserta didik baru yang telah mendaftar masing-masing tingkat SMP 2.833 orang, tingkat SD 2.290 orang dan TK yang mendaftar sebanyak 514 orang.

"Target kita hingga di tanggal 10 Mei itu maksimal untuk tingkat SMP dan SD masing-masing 4 ribu peaerta disik baru sedangkan di tingkat TK 3 ribu peserta didik baru,  namun target ini belum tercapai sehingfa pendaftaran kita perpanjang," kata Jefriyanto.

Dari jumlah tersebut,  calon siawa baru yang mendaftar melalui jalur zonasi 5.264 orang,  jalur afirmasi 283 orang,  pindah tugas orang tua 31 orang dan jalur prestasi 67 orang

"Itu data yang kita himpun sampai hari ini," tandasnya.

Pihaknya juga merasa senang sebab penyebaran siswa sudah hampir merata di setiap sekolah dengan adanya jalur zonasi ini.

Adapun mekanisme pendaftaran PPDB di Sinjai yakni dibagi atas dua sistem yakni 80 persen sekolah sudah melakukan pendaftaran secara online dan 20 persen secara offline.

"Yang secara offline ini karena lokasi sekolahnya masih blankspot dari jaringan internet. Namun untuk menghindari kerumunan di sekolah ada beberapa sekolah melakukan inovasi dengan pendaftaran sistem jemput bola," ujar Andi Jefriyanto.

Sistem jemput bola ini, pihak sekolah mengunjungi rumah masing-masing calon peserta didik baru sekaligus memberikan edukasi dan sosialisasi kepada orang tua siswa terkait mekanisme pendaftaran siswa baru. (ads)

Editor : Satria

Type above and press Enter to search.