Drainase Buruk Diduga Jadi Penyebab Banjir di Sinjai, Kepala Bappeda Bilang Begini!

5/14/2020 | 20:59 WIB

Bagikan:
Drainase Buruk Diduga Jadi Penyebab Banjir di Sinjai, Kepala Bappeda Bilang Begini!

INSTINGJURNALIS.com - Genangan air di pusat perkotaan Sinjai saat musim hujan datang kian menjadi fenomena setiap tahun. Tanpa ada solusi dari Pemerintah.

Salah seorang warga Tekolampe, Adam Malik mengatakan fenomena ini terjadi setiap intensitas hujan tinggi sehingga genangan air terjadi dimana-mana.

Hal itu kata dia, karena master plan penataan saluran air perkotaan tidak berfungsi dengan baik. Dan juga daerah serapan air didaerah larea-rea sudah dijadikan kawasan perumahan oleh devloper.

"Saya harap pemerintah untuk sedikit memikirkan kesengsaraan warganya dan mencari solusinya agar warga ditengah kota bisa sedikit merasakan kenyamanan ketika musim hujan melanda," ungkap Adam.

Bahkan lanjutnya, sejumlah Drainase di Sinjai hanya menjadi sebagai saluran air pembuangan tapi tidak menjadi drainase yang baik.

"Terbukti bahwa setiap musim hujan melanda sinjai genangan air dipusat pemukiman warga sinjai. Pemerintah diminta untuk peka dengan kondisi ini," tandasnya.

Terpisah, Kepala Bappeda Sinjai Andi Ilham Abubakar, mengatakan bahwa Pemerintah akan berusaha mencari solusi soal genangan air yang terjadi di Sinjai ketika musim hujan berlangsung.

"Sementara ini Bupati Sinjai akan merencanakan menyusun ulang master plan pembanguan drainase diruas kota," ungkapnya, Kamis (15/5/2020).

"Karena kita sudah tidak ada lagi memiliki daerah serapan air, maka kita tidak mengeluarkan ijin prinsip untuk pembangunan perumahan diwilayah tertentu," tambahnya.

Diketahui Kabupaten Sinjai memiliki wilayah serapan sesuai RT RW dimana letaknya di larea-rea, hanya saja PERDA tersebut dilanggar dan diduga dijadikan tempat pemukiman bersubsidi.

(Sar)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI