Jika 'New Normal' Diberlakukan, Ini Pola yang Diterapkan Disdik Sinjai di Sekolah

5/29/2020 | 12:52 WIB

Bagikan:
Jika 'New Normal' Diberlakukan, Ini Pola yang Diterapkan Disdik Sinjai di Sekolah
Kepala Dinas Pendidikan Sinjai Andi Jefrianto Asapa

INSTINGJURNALIS.com - Pemerintah tengah menyiapkan kenormalan baru (new normal), pascapenyebaran pandemi Covid-19. New normal ini, sepertinya akan bertahap diberlakukan di seluruh sektor. Termasuk, sektor pendidikan.

Jika hal itu berlangsung, Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai tetap akan menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan penanganan Covid-19.

Kepala Dinas Pendidikan Sinjai, Andi Jefrianto Asapa mengemukakan bahwa saat ini pihaknya sudah menyiapkan pedoman protokol kesehatan yang harus diterapkan di sekolah pada kehidupan normal baru (new normal). Terutama sekolah TK hingga SMP  yang berada dalam ruang lingkup Pemkab Sinjai.

"Kami sudah membuat yang namanya pra sekolah yaitu dimana kita akan lakukan sterilisasi dengan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh sekolah, sekolah wajib mempersiapkan tempat cuci tangan dan handsanitizer dan setiap sekolah menyiapkan masker bagi peserta didiknya," kata Jefrianto, Jumat (29/5/2020).

Sampai saat ini belum ada aturan dari Kemendikbud dan Gugus Tugas Covid-19 mengenai new normal untuk sekolah. Untuk itu, tahun ajaran baru pendidikan tahun 2020/2021 belum bisa dipastikan kapan dimulai.

"Sejauh ini Kemendikbud tidak bisa langsung memutuskan kapan tahun ajaran baru dimulai sebab harus mendapatkan rekomendasi terlebih dahulu dari Tim Gugus Tugas Nasional terkait perkembangan pandemi Covid-19," katanya.

Namun jika bulan Juli mendatang akan diterapkan sebagai tahun ajaran baru, pihaknya sudah siap untuk kembali mengaktifkan proses belajar di sekolah. (*)

Editor : Satria
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI