7 Desa di Bulupoddo Siapkan Tempat Isolasi Khusus

6/16/2020 | 17:57 WIB

Bagikan:
7 Desa di Bulupoddo Siapkan Tempat Isolasi Khusus
Camat Bulupoddo Sofwan Sabirin

INSTINGJURNALIS.com - Penyediaan tempat isolasi khusus bagi para pendatang atau warga yang berstatus orang tanpa gejala (OTG) direspon baik oleh pemerintah desa (Pemdes) di Kabupaten Sinjai.

Tak terkecuali seluruh desa di Kecamatan Bulupoddo. Sedikitnya tujuh desa di wilayah tersebut kini telah menyiapkan tempat isolasi.

"Alhamdulillah seluruh desa di Kecamatan Bulupoddo ini sudah menyiapkan rumah isolasi bagi pendatang khususnya dari zona merah ataupun OTG. Saat ini sementara dalam tahap pembenahan untuk melengkapi Fasilitasnya termasuk sanitasi," kata Camat Bulupoddo, Camat Bulupoddo H. Sofwan Sabirin, Selasa (16/6/2020).

Mantan Sekretaris Camat Sinjai Utara ini menyebutkan rumah isolasi yang disiapkan ini kebanyakan menggunakan fasilitas desa seperti kantor Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Rumah Data, Kantor Desa Lama dan bahkan Rumah pribadi Kepala Desa yang kosong.

"Apa yang menjadi Surat edaran dari Kementerian Desa PDTT Nomor 8 tahun 2020 tentang Desa Tanggap Corona sangat direspon baik oleh seluruh desa yang ada di Bulupoddo ini," ketusnya.

Terpisah, Kepala Desa Lappacinrana Mulyanto berpendapat bahwa penyiapan ruang isolasi di Desa sudah menjadi konsekuensi sebagai penerima dan pengguna anggaran yang bersumber dari keuangan pusat dan daerah.

"Ketika pemerintah pusat meminta setiap desa agar menyiapkan ruang isolasi dan menyiapkan penggunaan anggaran yang bersumber dari APBN, mau tidak mau tentu harus kita ikuti dan kami di Lappacinrana sudah menyiapkan rumah isolasi tersebut," kata Mulyanto.

Adapun yang dijadikan sebagai rumah isolasi adalah Gedung bekas Kantor Desa Lama.  Sedangkan di Desa Bulutellue, Kantor LPM disulap menjadi rumah isolasi.

Penyediaan rumah isoasi di tiap desa ini juga sesuai harapan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sinjai Andi Seto Asapa. (*)

Editor : Satria
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI