Dinyatakan Sembuh, 3 Pasien Positif Covid-19 Dipulangkan

6/18/2020 | 20:07 WIB

Bagikan:
Dinyatakan Sembuh, 3 Pasien Positif Covid-19 Dipulangkan

INSTINGJURNALIS.com - Tiga orang pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang. Ketiganya dinyatakan sembuh setelah menjalani karantina di Hotel Harper Makassar dengan pemeriksaan Swab berupa metode polymerase chain reaction (PCR) negatif.

Mereka masing-masing warga Kecamatan Sinjai Barat, Timur dan Sinjai Tengah. Prosesi pemulangan tersebut berlangsung di Media Center Gugus Tugas Covid-19, Jalan Persatuan Raya, Kecamatan Sinjai Utara, Kamis (18/6/2020).

Plt Kepala Dinas Kesehatan drg. Farina Irfani mengatakan pasien tersebut telah menjalani perawatan atau karantina selama 21 hari di Hotel Harper Makassar.

Dengan begitu, ia berharap kepada pemerintah setempat agar tidak ada lagi stigma negatif di masyarakat mengenai pasien yang telah sembuh. Sebab, statusnya sudah jelas dinyatakan negatif dari virus corona.

Namun, kepada pasien yang sembuh tetap menjaga protokol kesehatan, dan melakukan karantina sementara waktu di rumah masing-masing.

"Pencegahan tidak pernah selesai kalau semua yang telah dinyatakan kontak tidak mau di periksa dan tidak patuh terhadap dengan standar protokol kesehatan," ungkapnya.

Sebab menurut drg. Arin sapaannya, apa yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai dalam hal ini Gugus Tugas Covid-19 merupakan bentuk kepedulian terhadap masyarakat Sinjai.

"Semua yang dilakukan pemerintah tak lain adalah untuk melindungi warganya. Jangan sampai ada perasaan dan prasangka buruk. Semua harus memiliki kesadaran dan kerjasama dengan petugas kesehatan, harus kooperative untuk melakukan karantina," imbuh drg. Arin.

Karena itu, dia berharap agar tetap menjaga kesehatan dan disiplin terhadap protokol kesehatan.

"Selamat berkumpul bersama dengan keluarga semoga sehat-sehat ki selalu. Kita semua sama-sama berjuang dan optimis dan saling menguatkan," tandasnya.

Sementara itu, Juru Bicara (Jubir) Pemkab Sinjai, Irwan Suaib menyampaikan terima kasih dan apresiasi karena telah menjalani perawatan di Hotel Harper Makassar dengan baik.

"Kami dari Gugus Tugas Kabupaten berharap sepulangnya di kampung dan berkumpul bersama dengan keluarga agar dapat menjadi mitra pemerintah dalam memberikan edukasi kepada masyarakat, memberikan pemahaman seperti apa itu Covid-19," ungkapnya.

Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Sinjai ini juga berharap kepada Camat, Lurah dan Kepala Desa agar membantu "Duta Covid-19" agar bisa diterima kembali di masyarakat dengan baik.

"Bisa menjadi teladan dan contoh yang baik ditengah masyarakat. Memberikan pemahaman disisi lain juga harus menjadi contoh, kita harus menjaga keluarga, tetangga dan satu kampung kita," pungkas Irwan.

Saat ini jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Sinjai sebanyak 25 orang. 16 dinyatakan sembuh sementara 8 orang lainya sementara menjalani perawatan di Hotel Harper di Makassar. (*)

Editor : Satria
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI