Misi Kementerian Kominfo Jadikan Ibu Rumah Tangga di Sinjai Agen Anti Hoax

6/19/2020 | 22:44 WIB

Bagikan:
Misi Kementerian Kominfo Jadikan Ibu Rumah Tangga di Sinjai Sebagai Agen Anti Hoax

INSTINGJURNALIS.com - Literasi media di era digital telah menjadi penting. Berbagai lapisan masyarakat perlu memahami pentingnya literasi media digital, sehingga upaya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dalam memahami era digital dipandang perlu untuk dilakukan hingga ke pelesok.

Sekaitan dengan hal itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika UPT Balai Besar Kominfo Makassar berencana melakukan pelatihan literasi Teknologi Informasi dan Teknologi (TIK) bagi ibu rumah tangga (IRT) di Kabupaten Sinjai.

Jika tak ada aral yang melintang, pelatihan ini akan berlangsung pada bulan Agustus mendatang. Hal itu disampaikan Kepala Bidang SDM UPT Balai Besar Pengembangan Litbang Kominfo Makassar Muh. Faisal Risani saat melakukan kunjungan di kantor Diskominfo dan Persandian Sinjai,  Jumat, (19/6/2020) siang.

"Jadi pelatihan yang akan dilaksanakan ini bertujuan untuk menjadikan ibu rumah tangga sebagai agen anti hoax, mengingat di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini informasi yang beredar di media sosial begitu kuat dan deras dan perlu ada upaya menyaring informasi itu mana yang dapat dipercaya atau hoax," kata Faisal.

Tak hanya itu, tambah Faisal pihaknya juga akan memberikan pelatihan berupa digital interpreneurship kepada Ibu Rumah Tangga agar media sosial yang digunakan selama ini tidak hanya sebagai hiburan tetapi dapat mendapatkan penghasilan dan membatu perekonomian rumah tangga.

"Sasaran kita adalah Ibu Rumah Tangga yang memiliki usaha kecil dan menengah. Mengingat masa pandemi corona sekarang ini jadi pelatihan tidak kita laksnakan melalui tatap muka tetapi kita lakukan secara online yang bisa di broadcast melalui chanel youtube, " ujarnya.

Sementara itu Kadis Kominfo dan Persandian Kabupaten Sinjai Irwan Suaib menyambut baik rencana pelatihan tersebut. Apalagi Kabupaten Sinjai terpilih sebagai salah satu daerah yang dipercayakan untuk melaksanakan pelatihan ini.

"Kita patut berayukur karena Sinjai  salah satu daerah yang ditunjuk melakukan pelatihan ini yang mana pesertanya adalah ibu rumah tangga," ujarnya. (*)

Editor : Satria
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI