Penjelasan Lengkap Plt Kadis Kesehatan Sinjai Soal 'New Normal'

6/17/2020 | 22:36 WIB

Bagikan:
Penjelasan Lengkap Plt Kadis Kesehatan Sinjai Soal 'New Normal'
Plt Kadis Kesehatan Sinjai drg. Farina Irfani. (Foto: Hijrah)
INSTINGJURNALIS.com - Pandemi virus corona telah mengubah banyak kebiasaan masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Kini, Indonesia mulai bersiap menjalani kehidupan normal yang baru, tak terkecuali di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

Semua aktivitas masyarakat akan kembali diizinkan, mulai dari bekerja, sekolah hingga ke tempat wisata. Namun, semua aktivitas tersebut harus dijalani dengan mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penularan virus corona.

Beberapa standar protokol kesehatan yang wajib dijalankan oleh masyarakat dalan era new normal antara lain menggunakan masker saat bepergian dan menjaga jarak minimal satu meter dari orang lain.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Sinjai drg. Farina Irfani membeberkan New normal yang saat ini gencar disosialisasikan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 Sinjai merupakan bentuk adaptasi tetap beraktivitas dengan mengurangi kontak fisik dan menghindari kerumunan.

Di era new normal kita dituntut hidup produktif tetapi tetap aman dari virus corona yaitu dengan membiasakan menerapkan physical distancing,  menghindari kerumunan, pakai masker dan rajin cuci tangan pakai sabun.

"Masyarakat harus paham bahwa New Normal itu bukan kembali normal seperti sediakala sebelum adanya Covid-19, tetapi kita diharuskan beradaptasi dengan kebiasaan baru dengan berperilaku hidup bersih dan sehat," kata drg. Arin sapaannya, Rabu (17/6/2020).

Sekaitan dengan penerapan New Normal tersebut, kini setiap Instansi dianjurkan membuat aturan terkait penerapan new normal di area publik, sambil terus melakukan sosialisasi upaya pencegahan Covid-19. 

Oleh karena itu, masyarakat diharapkan mengikuti aturan tersebut dengan selalu menerapkan protokol kesehatan.

“Kita ini dalam masa transisi menuju tahap new normal, kita ini masih berdampingan dengan Covid-19. Untuk itu tetap patuhi anjuran pemerintah. Nanti jika sudah ditetapkan sebagai new normal maka segala aturan pemerintah akan dilonggarkan namun ada aturan yang harus dipatuhi,” jelasnya. (*)

Editor : Satria

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI