Tak Perlu Kirim ke Makassar, Bupati Sinjai Pastikan Kesiapan Lab Uji Swab Corona

6/13/2020 | 00:24 WIB

Bagikan:
Tak Perlu Kirim ke Makassar, Bupati Sinjai Pastikan Kesiapan Lab Uji Swab Corona
Bupati Sinjai Andi Seto Asapa melihat langsung ruang dan alat TCM di Labkesda Dinas Kesehatan 

INSTINGJURNALIS.com - Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Dinas Kesehatan Sinjai sudah bisa melakukan uji laboratorium cairan tenggorokan (swab) atau Tes Cepat Molekuler (TCM) pasien terinfeksi virus corona (Covid-19) mulai Jumat (12/6/2020).

Untuk memastikan kesiapan alat TCM tersebut, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) langsung melakukan kunjungan di Labkesda yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Sinjai Utara, Jumat (12/6) malam.

"Malam ini kita melihat langsung alat TCM di Labkesda, alat ini yang akan dipakai untuk menganalisa specimen kepada orang yang memiliki gejala Covid-19," kata Bupati ASA.

ASA yang didampingi Ketua DPRD Sinjai Lukman H Arsal, Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Sinjai Irwab Suaib dan Plt Kadis Kesehatan Sinjai drg. Farina Irfani menyebutkan, dengan adanya alat TCM tersebut tentu merupakan bentuk kesyukuran bagi Pemkab Sinjai.

Apalagi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sinjai merupakan salah satu rumah sakit rujukan pasien Covid-19.

"Kalau sebelumnya seluruh swab yang diambil kemudian dikirim ke Makassar, kini sudah bisa dilakukan analisa sendiri di Kabupaten Sinjai sehingga hal itu dapat mempercepat hasil sebab," ketusnya.

"Intinya saya selaku kepala daerah bersyukur karena Kabupaten Sinjai sudah lebih maju lagi. Jadi Insyaallah kita tidak perlu menunggu lama hasil swab," sambung ASA.

Sementara Pelaksana tugas (Plt) Dinas Kesehatan Sinjai drg. Farina Irfani menerangkan pemeriksaan specimen di Labkesda tersebut di fokuskan untuk memutus matarantai penyebaran Covid-19 yang dilakukan berdasarkan penyelidikan epidemiologi.

"Alhamdulillah kami sudah mengoperasikan pertanggal 12 Juni hari ini dengan memeriksa specimen pasien Orang Tanpa Gejala (OTG), Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang reaktif," ungkapanya.

[CUT]

Mengenai tingkat keakuratan hasil tes antara TCM dan PCR drg. Arin sapaanya menyebut bahwa hasil analisanya sama. Dalam setiap modul pemeriksaan hanya membutuhkan waktu sekitar 50 menit.

Saat ini Kabupaten Sinjai sudah melakukan In House Training (IHT) atau pelatihan pengambilan sampel swab /PCR bagi dokter dan tenaga ahli teknologi laboratorium medik yang bertugas di Rumah Sakit, Puskesmas dan Laboratorium Kesehatan Daerah. (*)

Editor : Satria
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI