Belajar Daring, Siswa Ini Manfaatkan Fasilitas Wifi Gratis Diskominfo

7/28/2020 | 11:14 WIB

Bagikan:

INSTINGJURNALIS.com - Pandemi Covid-19 mengakibatkan terjadinya perubahan kebijakan secara mendasar dalam dunia pendidikan tanah air.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim telah mengeluarkan beberapa kebijakan untuk mengatur kegiatan pembelaran selama masa pandemi ini.

Salah satunya, kegiatan belajar mengajar (KBM) lewat dalam jaringan (daring). Mau tidak mau para siswa harus mengikuti hal itu, meski tak banyak juga harus mengeluh. Sebab, dalam pembelajaran daring ini butuh biaya ekstra tambahan, mulai dari fasilitas telepon seluler (ponsel) android yang harus memadai hingga kuota internet.

Pasalnya, tak semua pelajar mempunyai kemampuan untuk memiliki fasilitas tersebut. Salah satunya harus dialami salah seorang siswa kelas X IPA 4 SMAN 5 Sinjai, Muh. Anis.

Meski, tinggal di pusat perkotaan, namun karena keterbatasan ekonomi orang tua dan lainnya, Anis tak kehabisan ide untuk mengikuti belajar online. Dia memanfaatkan fasilitas internet gratis.

Tiap pagi, Anis rela datang di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian Sinjai, memanfaatkan wifi gratis untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru melalui daring.

"Aagar lebih hemat maka tiap pagi saya ke Kantor Infokom kerjakan tugas yang harus dikumpul sesuai jadwal yang ditentukan melalui aplikasi WhatsApp," ucap Anis, Selasa (28/7/2020).

Anis mengaku, selaku siswa baru disekolah tersebut, pihaknya belum pernah bertemu secara langsung guru maupun rekan-rekannya yang lain.

"Saya belum pernah ketemu langsung teman-teman baru karena belum dibolehkan untuk datang ke sekolah selama Covid-19 ini.  Kami hanya mengenal dan meilhat melalui aplikasi zoom," tandasnya.

Meski demikian, Anis tetap semangat dalam mengikuti setiap pembelajaran melalui daring dan berharap pandemi covid-19 segera berakhir sehingga ia dapat kembali belajar secara normal.

Sementara itu, Kepala Dinas Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian Sinjai, Irwan Suaib berharap dengan adanya wifi gratis ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya sehingga dapat menunjang kegiatan pembelajaran jarak jauh bagi para siswa maupun kegiatan lainnya bagi masyarakat yang membutuhkan layanan internet.

"Harapannya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat maupun siswa yang sedang melakukan pembelajaran jarak jauh, sehingga mereka bisa belajar online dengan gratis," katanya.

Ia pun mengimbau kepada siswa yang ingin menggunakan wifi gratis tersebut untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan tetap memakai masker dan menjaga jarak.

Pembelajaran jarak jauh tersebut tidak hanya dialami oleh Anis,  banyak siswa lainnya yang juga memanfaatkan jaringan internet yang ada kantor pemerintahan seperti di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan serta beberapa Kantor Desa yang ada di Sinjai. (*)

Editor : Satria
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI