Dewan Terima Aspirasi Soal Diskriminasi Nelayan Sinjai

7/08/2020 | 22:29 WIB

Bagikan:
Dewan Terima Aspirasi Soal Diskriminasi Nelayan Sinjai

INSTINGJURNALIS.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kembali menerima aspirasi dari LSM Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Pesisir dan Kepulauan (LPMPK) dan Gerakan Mahasiswa Bersatu (Germab), berlangsung di Ruang Rapat DPRD, Rabu (8/7/2020).

Mereka diterima oleh Tim Penerima Aspirasi DPRD, Drs. Akmal Ms, H. Nur Alam, Zainal Abidin Hasnur, turut dihadiri, Ketua DPRD Sinjai, Lukman H Arsal, Wakil Ketua I DPRD, Sabir.

Ketua LSM LPMK, Drs. Baharuddin, menjelaskan apa yang menjadi aspirasinya terkait curhatan masyarakat nelayan yang beraktifitas di Perairan Kepulauan Selayar dimana para nelayan dari Kabupaten Sinjai kebanyakan ditangkap atau dilarang melakukan aktifitas di perairan Kepulauan Selayar.

Para nelayan dari Sinjai merasa tidak diperlakukan secara adil, pasalnya, mereka merasa di diskriminasi oleh Pemerintah Kabupaten Selayar.

"Para nelayan kita merasa didiskriminasi oleh Pemerintah Kabupaten Selayar karena, cuma nelayan Sinjai yang tidak diperbolehkan melakukan aktifitas nelayan disana sedangkan Kabupaten lain diperbolehkan, padahal para nelayan kita yang dari Sinjai sudah melakukan aktifitas nelayan sesuai peraturan perundang-undangn yang berlaku, mereka menangkap ikan sesuai dengan aturan dan tidak melanggar bahkan tidak merusak budi daya laut" jelasnya.

Senada diungkapkan, perwakilan dari Germab, Sulharmin, ia meminta kepada Pemerintah Daerah agar Pemerintah lebih memperhatikan masyarakatnya terutama para nelayan yang beraktifitas di luar Kabupaten.

"Saya meminta kepada Pemerintah Daerah agar memediasi para nelayan kita bersama Pemerintah Kabupaten Selayar sehingga persoalan ini mendapatkan solusi secepatnya" ungkapnya.

Sementara itu, Plt Kadis Perikanan, drh Aminuddin Zainuddin, yang turut hadir langsung pada pertemuan penyampaian aspirasi tersebut, menyampaikan bahwa pihaknya mengaku baru mendengar persoalan yang terjadi terhadap nelayan Sinjai yang dilarang beroperasi di perairan Kepulauan Selayar. Ia berjanji akan mencari solusi terkait persoalan yang terjadi.

"Insyaallah secepatnya saya akan mencari solusinya akan tetapi saya butuh waktu untuk melakukan komunikasi terlebih dahulu kepada Sekda Selayar dengan bertemu langsung membahas persoalan yang terjadi dan mempertanyakan akan hal tersebut" katanya.

Tim penerima aspirasi, Drs. Akmal Ms, menyampaikan bahwa apa yang menjadi aspirasi hari ini sudah menemukan jawaban karena pertemuan ini dihadiri langsung oleh Plt Kadis Perikanan yang telah menjelaskan solusi-solusi yang akan diambil.

"Pertemuan ini sudah menemukan solusi bahwa Plt Kadis Perikanan siap melakukan komunikasi ke Pemerintah Selayar" tandasnya. (ads)

Editor : Satria
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI