Siapa Menteri Jokowi yang Layak di Reshuffle?

7/13/2020 | 18:42 WIB

Bagikan:
Siapa Menteri Jokowi yang Layak di  Reshuffle?
Presiden Joko Widodo. Foto : Istimewa

DALAM rapat kabinet terbatas pada 18 Juni 2020, Jokowi secara tegas menyampaikan reshuffle kabinet bisa dia lakukan andaikata diperlukan. Di rapat itu Jokowi juga marah besar karena para menterinya bersikap seakan-akan kondisi pandemi ini adalah situasi yang biasa saja, tidak istimewa.

Jika situasi ini terus bertahan, Jokowi mengultimatum akan membubarkan lembaga tertentu demi mengatasi kondisi buruk akibat COVID-19.

"Bisa saja, membubarkan lembaga. Bisa saja reshuffle. Udah kepikiran ke mana-mana saya. Entah buat Perppu yang lebih penting lagi. Kalau memang diperlukan,” ucap Jokowi.

Jika kalimat Jokowi itu bukan omong-kosong belaka, tentunya ada beberapa menteri yang posisinya sudah tidak aman lagi.

Pada saat hampir bersamaan dengan kemarahan Jokowi, Indonesia Political Opinion (IPO) melakukan survei terhadap 1.350 responden yang tersebar di 135 desa dari 30 provinsi di Indonesia.

Salah satu hasil survei yang dilakukan sepanjang 8-25 Juni 2020 itu adalah sebanyak 72,9 persen responden sepakat perlu ada reshuffle atau perombakan kabinet.

Ada delapan nama yang mendapat lebih dari 25 persen suara responden untuk segera diganti oleh orang lain. Peringkat puncak diduduki Yasonna Hamonangan Laoly dan ada pula Edhy Prabowo di peringkat kelima.

BACA SELENGKAPNYA : Reshuffle Kabinet: Siapa Saja Menteri Jokowi yang Layak Diganti?



Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI