Terima Aksi HMI Soal Bansos BPNT, Ini Pernyataan DPRD Sinjai

7/09/2020 | 23:22 WIB

Bagikan:
Anggota DPRD Sinjai Jamaluddin saat menerima aspirasi HMI

INSTINGJURNALIS.com - Aroma kualitas Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari pemerintah pusat mulai tercium dikalangan aktivis di Kabupaten Sinjai.

Program untuk mensejahterakan masyarakat, khususnya warga kurang mampu ini diduga dijadikan sebagai ajang penggalangan keuntungan bagi oknum-oknum tertentu.

Menyikapi hal itu, puluhan aktivis yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sinjai melakukan aksi unjuk rasa, Kamis (9/7/2020).

Mereka menuntut penyaluran BPNT di Bumi Panrita Kitta yang dianggap bermasalah. Seperti kualitas beras yang tidak layak komsumsi. Aksi yang berlangsung dibeberapa titik diantaranya, Tugu Sinjai Bersatu, Kantor Bupati dan di Halaman Kantor DPRD Sinjai.

Mereka meminta Anggota DPRD untuk mengevaluasi Suplayer BPNT karena dianggap tidak bisa memenuhi kualitas sembako yang layak komsumsi.

Aksi demonstran tersebut diterima Anggota DPRD Sinjai, Jamaluddin bersama Ambo Tuwo, Muh. Dahlan serta Hj. Kusmawati.

Kepada pengunjuk rasa, Jamaluddin menyampaikan bahwa DPRD sebelumnya sudah menggelar rapat kerja dengan memanggil pihak Suplayer bersama dinas terkait yang disaat itu menjelaskan apa yang menjadi aspirasi masyarakat.

Terkait beras yang tidak layak komsumsi, Dewan sudah meminta kepada Suplayer agar menyiapkan beras yang kualitas bagus sehingga tidak menimbulkan riak-riak di tengah masyarakat.

Bahkan, Anggota DPRD juga sudah mendatangi langsung Bulog dan mengkoordinasi langsung kepada pihak Bulog terkait beras yang digunakan.

"Jadi kami dari DPRD sudah melaksanakan apa yang seharusnya kami lakukan", kata Jamaluddin.

Sedangkan mengenai tuntutan mengevaluasi suplayer, pihak DPRD tidak mempunyai kewenangan sebab suplayer ditunjuk langsung oleh Provinsi.

"Kami tidak berhak memberhentikan atau mengganti suplyer karena SKnya langsung dari Provinsi. Kami hanya bisa melakukan pengawasan dan meminta kepada suplayer agar memberikan kualitas yang terbaik untuk masyarakat," jelasnya.

Meski demikian, pihaknya mengaku  kembali akan menggelar rapat kerja dengan mengundang Dinas terkait sebagai tindaklanjut dari aspirasi HMI Sinjai. (*)

Editor : Satria
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI