TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Wow, Produksi Bawang Merah di Sinjai Dalam 1 Hektare Capai 6,8 Ton

Wow, Produksi Bawang Merah di Sinjai Dalam 1 Hektare Capai 6,8 Ton
Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Sinjai Hj. Sitti Marwatiah melakukan panen bawang merah di Kecamatan Sinjai Borong, Senin (9/11)

 

INSTINGJURNALIS.com - Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Sinjai Hj. Sitti Marwatiah menyebut produksi bawang merah di Sinjai terbilang cukup menjanjikan. 


Pasalnya, dalam setiap hektare lahan garapan petani menghasilkan hingga 6,8 ton. Seperti hasil panen yang dilakukan di Kecamatan Sinjai Borong pada, Senin (9/11/2020) kemarin.


"Hasilnya setiap hektare bisa dapatkan 6,8 ton atau 1 biji kita tanam hasilnya 10 biji dari bibit 680 kg per hektar  yang ditanam. Kita berharap di kecamatan lain juga hasilnya seperti ini," kata Marwatiah, Selasa (10/11/2020).


Dikatakan Marwatiah, potensi lahan untuk bawang merah di Kabupaten Sinjai bisa mencapai 300 hektar. Selain bantuan dari Pemerintah,  banyak petani di Sinjai yang mendapatkan bibit bawang merah secara swadaya. 


Meski pandemi Covid-19, Harga bawang merah di pasaran  tetap stabil, sehingga dengan demikian kegiatan iini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dan sebagai penopang ekonomi bagi para petani. 


Di tahun 2020 ini Pemerintah Kabupaten Sinjai mendaptkan bantuan dari APBN Pusat dengan bibit bawang merah untuk luas lahan 20 hektar untuk kelompok tani di kecamatan Sinjai Utara,  Sinjai Borong dan Sinjai Barat.


"Bantuan bibit ini sudah ditanam sejak bulan Agustus lalu dan kita targetkan bulan november ini semuanya sudah panen," katanya.


Mantan Kadis DP3AP2KB Sinjai ini berharap bantuan bibit bawang merah di Sinjai untuk tahun depan bisa semakin meningkat.


"Kita sudah ajukan permohonan untuk tahun depan, dari perencanaan sementara, Sinjai bisa mendapatkan 25 hektar dan semoga ini bisa bertambah," tambahnya. 


Pemberian bibit bawang merah yang berkualitas dan gratis ini merupakan salah satu komitmen Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) yang dijabarkan dalam visi dan misi Pemkab Sinjai di bidang pertanian. (*)


Editor : Satria



Komentar0

Type above and press Enter to search.