Komoditas Bahan Pokok di Pasar Sentral Sinjai Merangkak Naik, Harga Cabai Makin Pedas

12/18/2020 | 18:23 WIB

Bagikan:

 

Komoditas Bahan Pokok di Pasar Sentral Sinjai Merangkak Naik, Harga Cabai Makin Pedas

INSTINGJURNALIS.com - Sejumlah komoditas pangan di pasar sentral Sinjai perlahan naik jelang Natal dan tahun baru 2021. Kenaikan harga terjadi sejak beberapa hari terakhir. 


Sejumlah pedagang mengakui adanya kenaikan harga bahan pokok ini. Beberapa harga komoditi yang mengalami kenaikan diantaranya, cabai rawit, cabai keriting dan telur. 


Salah seorang pedagang di Pasar Sentral Sinjai, H. Jamaluddin menyebut harga cabai rawit dan cabai keriting mengalami kenaikan dari Rp 25 ribu/kg naik menjadi Rp 30 ribu/Kg.


Sama dengan telur, dari kisaran Rp 40-42 ribu/rak kini melonjak pda harga Rp 48-50 ribu/rak. Sedangkan harga bawang putih dan bawang merah kata Jamaluddin justru mengalami penurunan dari Rp 30 ribu/Kg menjadi Rp 25 ribu/Kg.


"Kenaikan harga sembako ini berlangsung sejak lima hari yang lalu Pak. Daya beli masyarakat juga belum stabil mungkin karena masih pandemi, sehingga harga sembako naik turun," kata Jamaluddin, Jumat (18/12/2020).


Terpisah, Kepala Seksi Pengadaan dan Penyaluran Disperindag dan ESDM Sinjai, Burhanuddin mengatakan, kenaikan harga cabe ini disebabkan biaya suplai dari daerah lain naik akibat cuaca musim hujan.


Sementara kenaikan harga telur ayam disebabkan adanya kenaikan harga beberapa pakan ternak seperti kosentrak, dedak jagung, dedak padi dan sebagainya. 


Selain itu, biaya suplai telur dari Kabupaten Sidrap juga cukup tinggi. Namun kenaikan ini sifatnya hanya sementara. 


"Kenaikan ada tapi masih aman. Untuk stok juga tersedia dan tidak ada kekurangan stok bahan pokok untuk Natal dan Tahun Baru," ujarnya. 


Menurutnya, Disperindag Sinjai secara rutin juga senantiasa melakukan pemantauan harga bahan pokok serta ketersediannya di sejumlah pasar tradisional yang ada di Sinjai. (*)


Editor : Satria


Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI