Gempa, Sejumlah Bangunan di Mamuju Sulbar Ambruk

1/15/2021 | 09:36 WIB

Bagikan:
Regu Penyelamat di Mamuju, Sulawesi Barat berjibaku dengan waktu untuk menyelamatkan korban reruntuhan RS Mitra Manakarra yang ambruk akibat gempa di Sulbar. (Foto: Liputan6.com/Abdul Rajab Umar)

INSTINGJURNALIS.com - Sejumlah bangunan bertingkat di kota Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, roboh akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,2 yang terjadi Jumat, pukul 02.28 Wita. Pusat gempa berada di 4 kilometer Timur Laut Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Namun, getaran gempa terasa hingga Mamuju, Makassar hingga Palu.


Gempa ini membuat beberapa bangunan rusak dan memakan korban jiwa, termasuk Kantor Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) di Mamuju ambruk karena gempa magnitudo (M) 6,2 yang berpusat di Majene. 


Lokasi gempa ada di koordinat 2,98 Lintang Selatan dan 118,94 Bujur Timur. Gempa berada di kedalaman 10 kilometer dan berpusat di daratan.


Berdasarkan analisis peta guncangan BMKG yang diukur dengan skala MMI atau Modified Mercalli Intensity, gempa M6,2 ini memicu kekuatan guncangan IV - V MMI di Majene, III MMI di Palu, Sulawesi Tengah dan II MMI di Makasar, Sulawesi Selatan.


Gempa M 6,2 Majene membuat kantor Gubernur Sulbar yang berlokasi di Jl Abdul Malik Pattana Endeng, Mamuju ambruk. Belum diketahui ada/tidaknya korban dari ambruknya kantor Gubernur Sulbar.


"Kantor Gubernur Sulbar mengalami rusak berat (RB)," ujar Kapusdatinkom BNPB Raditya Jati, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (15/1/2021) dikutip detik.com. 


Editor : Satria


Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI