TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Pemkab Sinjai Pastikan Tahun Ini Kembali Salurkan Bantuan Perikanan Untuk Nelayan

 Pemkab Sinjai Pastikan Tahun Ini Kembali Salurkan Bantuan Perikanan Untuk Nelayan

INSTINGJURNALIS.com - Sejumlah nelayan di Kabupaten Sinjai pada tahun ini dipastikan akan kembali menerima bantuan perikanan berupa perahu sampan fiber. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai kembali mengalokasikan bantuan perikanan tersebut.


Pelaksana tugas (Plt) Dinas Perikanan Sinjai, Mukhlis Isma mengatakan, bantuan yang kembali digulirkan, sebagai wujud komitmen pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya nelayan di Bumi Panrita Kitta. 


"Tahun ini, Pemkab Sinjai kembali mengalokasikan bantuan perikanan. Jumlahnya ada delapan perahu sampan fiber 5 Gross tonnage (GT)," ungkap Mukhlis, Kamis (27/1/2021).


Asisten I Setdakab Sinjai ini menambahkan bahwa, bantuan yang rencananya akan disalurkan pada tahun 2021 ini, mengalami peningakatan kapasitas dari 3 GT menjadi 5 GT.


Selain itu, kata Mukhlis bantuan yang setiap tahun disalurkan kepada nelayan merupakan komitmen Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) untuk mensejahterahkan nelayan.


Apalagi memang, peningkatan kesejahteraan diawali dengan peningkatan produktivitas mereka dengan adanya sarana dan prasrana yang diberikan pemeintah.


"Jadi Ini merupakan program andalan Pemerintah Daerah dibawa kepemimpinan pak Andi Seto," ujarnya.


Bantuan perikanan dan budidaya tersebut telah berjalan dua tahun sejak dicanangkan pada akhir 2018 lalu. Untuk bantuan budidaya, yang telah diserahkan berupa 20 ribu benih ikan Lele, 57 ribu ekor ikan Nila, 6 ribu ikan Fatin, 10 ribu Nener, 60 ribu ikan Benur, pakan ikan 11 ton, pakan udang 1,3 ton, pupuk Urea dan SP 200 Kg serta pompa 2 unit.


Untuk bantuan perikanan, diantaranya 30 unit fish finder (alat pelacak ikan), 50 buah lampu air garam, 20 unit alat navigasi, 20 unit Life jaket, sampan fiber 7, alat jaring tangkap 7 set. Bantuan ini bersumber dari APBN dan APBD Pemkab Sinjai tahun 2020. 


(Satria)


Komentar0

Type above and press Enter to search.