TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Bupati ASA Sebut Target Visi Misi Pemkab Sinjai Tercapai

 

Bupati ASA Sebut Target Visi Misi Pemkab Sinjai Tercapai

INSTINGJURNALIS.com - Visi misi yang dicanangkan Pemkab Sinjai di bawah kendali Bupati Andi Seto Asapa (ASA) telah tercapai sesuai target. Sejumlah persentase capaian bahkan melampaui target provinsi hingga nasional.


Lulusan Fakultas Hukum Universitas Trisakti itu mengungkap, upaya yang dilakukan untuk menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi telah membuahkan hasil. Terbukti, Sinjai menduduki ranking ketiga pertumbuhan ekonomi tertinggi di Sulawesi Selatan Tahun 2020.


Capaian melebihi laju pertumbuhan ekonomi provinsi dan nasional. Hal ini juga berpengaruh pada angka kemiskinan yang telah menurun dari 9,14 persen tahun 2019 ke angka 9 persen tahun 2020. 


"Tingkat kemiskinan 9 persen ini telah menyentuh target RPJMD yang telah kita pasang yaitu angka kemiskinan kisaran 8 persen sampai 9 persen," kata ASA saat membuka kegiatan workshop dan orientasi perubahan RPJMD dan perubahan Renstra perangkat daerah di Hotel Claro, Makassar, Jumat, (12/3/2021).


Selain itu, indikator ekonomi makro lainnya, seperti Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Sinjai tetap mampu menunjukkan trend peningkatan secara konsisten.  Dimana tahun 2020 mengalami pertumbuhan tertinggi ke-dua di Sulawesi Selatan hingga mencapai angka 67,6. 


Angka ini juga telah menyentuh kisaran target IPM yang telah ditetapkan yaitu 67 sampai 70. Kemudian, tingkat pengangguran terbuka pada tahun 2020 sebesar 2,67 persen. Juga telah mencapai kisaran target 1 sampai 4 persen dan jauh di bawah angka Propinsi Sulawesi Selatan yakni 6,31 persen.


Bukan hanya itu, jumlah Penghasilan Domestik Regional Bruto (PDRB) perkapita tahun 2020 sudah mencapai 45,70 juta rupiah perkapita pertahun. Capaian ini sudah melampaui kisaran target  38 sampai 42 juta rupiah perkapita pertahun.  


Lalu, indeks Gini (Gini Ratio) tahun 2020 sebesar 0,372, lebih baik dari propinsi sebesar 0,389 dan nasional 0,381. Termasuk Penilaian BPK atas akuntabiltas laporan keuangan pemerintah yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang telah dicapai dalam 3 tahun terakhir, wajib dipertahankan di tahun-tahun berikutnya. 


"Nilai Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Daerah (SAKIP) yang bernilai huruf B dari Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, masih perlu digenjot lagi sehingga dapat mencapai Nilai BB di akhir periode tahun 2023 nanti," ungkapnya.


Oleh karena itu, Bupati ASA mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras melakukan langka-langkah untuk menyukseskan pencapaian visi misi pemerintah daerah. 


Kendati demikian, ASA menyadari masih banyak hal perlu dibenahi dan lebih ditingkatkan lagi yang diharapkan akan bermuara pada pencapaian visi Masyarakat Sinjai yang Sejahtera Unggul dan Religius.  (*)


Laporan: Satria



Komentar0

Type above and press Enter to search.