Kerjasama Kemenkes, FKM Unhas Beri Pendampingan Tata Kelola Program Kesehatan Dinkes Sinjai

3/31/2021 | 14:03 WIB

Bagikan:

 Kerjasama Kemenkes, FKM Unhas Beri Pendampingan Tata Kelola Program Kesehatan Dinkes Sinjai

INSTINGJURNALIS.com - Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unhas Makassar melaksanakan sosialiasi pendampingan tata kelola program kesehatan di Dinas Kesehatan (Dinkes) Sinjai.


Kegiatan yang berlangsung di Ruang Pertemuan Dinkes Sinjai resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Akbar, Rabu (31/3/2021).


Ketua Tim Pendamping FKM Unhas, Wahiduddin Menuturkan, kegiatan ini diinisiasi oleh Kemenkes bekerjasama FKM Unhas untuk melakukan pendampingan pada dinas kesehatan Sinjai dalam tata kelola program kesehatan. Tujuannya, untuk mendampingi tim perencana Dinkes dalam menyusun Rencana Kerja (Renja ) Tahun 2022.


"Kegiatan ini nantinya akan dilakukan hingga Oktober mendatang, kita juga akan melakukan transfer knowledge kepada tim perencana," ungkapnya.


Dia menyebut, beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya, sosilisasi, FGD tim perencana, penyampaian review terhadap renja tahun sebelumnya yang sudah dilakukan oleh Dinkes Sinjai.


Bahkan untuk menunjang dan meningkatkan kapasitas dan tim perencana, pihaknya juga akan melakukan beberapa workshop.


"Jadi pendampingan ini untuk membantu menyusun renja secara baik, supaya nantinya apa yang menjadi persoalan sesuai dengan masalah-masalah program-program yang kita buat dapat berjalan dengan baik," ujarnya.


Plt Kepala Dinas Kesehatan Sinjai drg. Farina Irfani menyambut baik kegiatan tersebut. Karena itu, dia berharap para tim perencana untuk mengikuti sosialisasi ini hingga tuntas.


"Tentu kami sangat menyambut baik kegiatan ini. Kami harap tim perencana bisa menyuguhkan data yang akurat dalam proses analisis nantinya," ujarnya.


Sementara itu, Sekda Sinjai Akbar menekankan, tentang pengelolaan perencanaan yang sedini mungkin harus dipersipkan secara matang. 

Memang kata dia, peningkatan kapasitas bagi aparatur telah menjadi komitmen pemerintah daerah. 


"Perencanaan itu harus dikelola dengan baik, sehingga semua tepat saran. Tetapi pada intinya bagaimana kita meningkatkan kapasitas SDM kita," tandasnya.


Laporan: Satria


Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI